KPK Jangan Muter-muter! Instruksi Presiden Jokowi Soal Petral dan Helikopter AW-101 Sudah Jelas

Abadikini.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) disebut pernah melaporkan kasus besar kepada KPK. Tapi, KPK dianggap tidak menanggapi laporan kasus yang hingga kini masih misteri tersebut.

Polemik tersebut bermula dari ucapan Menko Polhukam Mahfud MD. Dia mengaku mendapat cerita itu langsung dari Jokowi.

“Presiden menunjukkan, saya sudah menampakkan dengan laporan ke KPK tetapi tak terungkap,” kata Mahfud di Kantor Kemenko Polhukam, (11/11/2019) lalu.

“Presiden menyebut beberapa kasus yang luar biasa, saya ngelaporin sendiri kata presiden, kami sudah laporkan kasus ini, kasus ini, tapi tidak disentuh sampai sekarang,” ujar Mahfud meniru ucapan Jokowi.

 

Semakin Tak Jelas

Setelah isu itu menjadi polemik di publik, Mahfud malah menolak mengungkap lebih dalam hal itu, begitu juga pihak Istana. Hingga kini, kasus yang dilaporkan Jokowi dari ucapan Mahfud masih menjadi tanda tanya besar.

Begitu pun dengan KPK. Lembaga antirasuah itu masih bertanya-tanya, kasus apa yang menjadi atensi kepala negara tersebut. Bahkan selang beberapa hari setelah isu itu bergulir, Ketua KPK Agus Rahardjo sempat bertanya langsung ke Mahfud.

“Terus terang, pada waktu Pak Mahfud Md menyampaikan itu, dua hari kemudian saya berdampingan (dengan Mahfud) di dalam forum. Saya tanya itu kasus yang mana yang dilaporkan, dan Pak Mahfud jawabnya juga enggak jelas. Jadi kan bingung saya. Pak Mahfud sepertinya juga tidak tahu kasus yang mana. Jadi saya ini kok melihatnya negeri ini seperti negeri rumor,” kata Agus dalam rapat dengar pendapat Komisi III, di kompleks parlemen Senayan, Rabu (27/11/2019).

 

KPK Pernah Dipesan Jokowi

Lantas Agus pun bercerita. Jokowi memang pernah melaporkan sejumlah kasus kepada para pimpinan KPK saat di awal menjabat. Dia pun menduga kasus itu yang Jokowi maksud.

“Kami berlima pada waktu baru jabat, berlima bertemu presiden, beliau mengungkapkan sesuatu. Saya tidak tahu apakah kasusnya perlu disampaikan di sini,” ucap Agus.

 

Petral dan Helikopter

Agus mengungkapkan kasus-kasus yang pernah dilaporkan Jokowi adalah dugaan suap Petral dan dugaan korupsi pengadaan helikopter Augusta-Westland (AW)-101. Dia mengakui dua kasus itu memang belum tuntas sampai saat ini.

“Nah, Petral sekarang sudah tersangkanya satu. Tapi seperti yang tadi disampaikan Pak Laode (Wakil Ketua KPK Laode M Syarif) itu untuk mencari barang, alat buktinya ke banyak negara,” terangnya.

“Yang pernah diungkapkan beliau (Jokowi) juga adalah helikopter AW-101. Kami sudah memenjarakan, kalau nggak salah satu tersangkanya. Yang sekarang permasalahannya yang di pihak militernya yang belum,” imbuh Agus.

Hingga berita ini diturunkan, merdeka.com masih berusaha mencari konfirmasi Istana, apakah benar dua kasus kakap tersebut yang dilaporkan Jokowi ke KPK seperti ucapan Mahfud.

Sumber Berita
Merdeka

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker