Disindir Tito Jakarta Mirip Kampung, Begini Jawaban Anies

Abadikini.com, JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan menyampaikan bahwa salah satu pernyataan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dalam Munas APPSI di kawasan Lapangan Banteng, Jakarta, terkait kondisi Ibu Kota, bukan menyindir Pemprov DKI.

Menurut Anies, pernyataan yang menganggap Jakarta lebih mirip kampung jika dibanding Shanghai, diutarakan dalam konteks transformasi China yang menjadi negara yang begitu maju.

“Jadi menurut saya, tidak usah dilepaskan konteks percakapannya. Konteks percakapannya adalah konteks percakapan tentang transformasi (negara),” ujar Anies di lokasi Munas APPSI, Selasa, (26/11/2019).

Anies menyampaikan, dibandingkan Indonesia 20 tahun terakhir, China, mengalami transformasi ekonomi yang begitu hebat. China menjadi kekuatan ekonomi dunia yang berdampak kepada majunya juga kondisi kota-kota di China.

“Obyektif saja bahwa dalam beberapa dekade, perekonomian Tiongkok yang asalnya kecil, lompat sampai 100 kali lebih besar,” ujar Anies.

Mantan Mendikbud ini juga mengemukakan, pernyataan Mendagri Tito harus dipandang sebagai pengingat Indonesia harus maju juga. Indonesia harus mencapai kemajuan ekonomi yang gemilang sehingga menjadi negara yang besar dan dominan di dunia internasional.

“Itu (pidato Tito) artinya juga PR bagi kita untuk mempercepat transformasi,” ujar Anies.

Sebelumnya diberitakan, Tito mengingatkan tumbuhnya demokrasi harus diimbangi dengan meningkatnya ekonomi dan pertumbuhan sebuah kota modern yang tertata rapi dan bersih. Ia membandingkan saat bertugas dengan kondisi Ibu Kota Indonesia saat ini yang berbanding terbalik.

Tito membandingkan kondisi Jakarta dengan dua kota ternama di China yaitu Beijing dan Shanghai. Perbandingan itu dilakukan dalam periode 1998 dan dengan kondisi sekarang.

“Tahun 98 dibanding dengan Jakarta, Beijing seperti kampung. Sekarang kebalik-balik. Pak Anies, saya yakin Pak Anies sering ke China. Kebalik sekarang kali lihat Beijing, Shanghai. Kalau kita lihat ke Jakarta kayak kampung dibanding dengan Shanghai,” kata Tito saat Musyawarah Nasional Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) di kawasan Lapangan Banteng, Jakarta, Selasa 26 November 2019.

Topik Berita

Baca Juga

Back to top button
Close