Trending Topik

Ini Alasannya Menteri Nadiem Tulis Surat Untuk Guru yang Viral di Medsos

Abadikini.com, SEMARANG – Pidato untuk guru dari Mendikbud, Nadiem Makarim, viral di media sosial. Nadiem pun membuka alasan kenapa menyampaikan pidato yang ditulisnya sendiri sebanyak 2 halaman itu.

Hal itu disampaikan dalam acara Mata Najwa On Stage yang digelar di UTC Semarang hari Sabtu (23/11) malam dilansir Abadikini dari laman detik. Najwa bertanya soal surat untuk guru yang viral itu, Nadiem pun menjawab sebagai generasi muda, ia lebih suka dengan yang apa adanya untuk disampaikan.

“Saya lebih suka diberikan kejujuran tentang kenyataan,” kata Nadiem di acara bertema ‘Muda Berkuasa’ itu.

Maka Nadiem mengubah sambutan yang menurutnya sangat formal dan panjang dan menuliskan isi hatinya. Meski demikian Nadiem memastikan jika substansi dari sambutan hari guru itu tetap sama.

“Substansinya masih. Saya ganti dan tulis sendiri,” pungkasnya.

Menurut Nadiem guru banyak yang terganggu dengan birokrasi dan regulasi sehingga tugas pokoknya sebagai pengajar tidak bisa berkembang.

“Betapa ribetnya birokrasi, sekat-sekat regulasi seolah dimana tugas pokok guru terganggu sehingga tidak bisa melakukan pembelajaran,” katanya.

Dalam pidato Nadiem terdapat kutipan “Anda ingin setiap murid terinspirasi, tetapi Anda tidak diberi kepercayaan untuk berinovasi”. Najwa pun menanyakan hal itu.

“Guru, mereka itu tahu solusi untuk muridnya tapi tidak diberi kepercayaan berinovasi,” tegas Nadiem.

Ia berharap ke depannya guru diberi kesempatan berinovasi dan siswa jadi menikmati proses belajar. Nadiem juga menyuarakan agar para orangtua turut andil dalam pendidikan putra putri mereka.

“Membuat murid merasa oh saya bisa ya, itu esensinya,” pungkas Nadiem.

Namun dalam sesi yang berbeda Nadiem mengatakan belum bisa memberikan detail kebijakannya untuk dunia pendidikan dan guru di Indonesia.

“Mungkin saya belum siap memberikan detailnya,” tandas Nadiem.

Dalam acara Mata Najwa On Stage tersebut turut hadir tokoh-tokoh muda lainnya yaitu Jerry Sambuaga (Wakil Menteri Perdagangan RI), Slamet Ariyadi (Anggota DPR RI), Taj Yasin Maimoen (Wakil Gubernur Jawa Tengah). Saat membuka acara Najwa juga mengundang Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi untuk naik ke atas panggung.

Najwa dan para narasumber berbicara banyak tentang peran pemuda untuk bangsa serta pengalama inspiratif mereka dihadapan 7.500 pemuda yang menonton langsung di UTC Semarang. Siaran televisinya akan tayang 1 Desember 2019 di Trans7.

Topik Berita

Baca Juga

Back to top button
Close