Monumen Ondel-Ondel di Kemayoran Diklaim Karya Anies Baswedan, Bagaimana Faktanya?

Abadikini.com, JAKARTA- Akun Facebook Eko Saif Reborn menunggah sebuah foto menampilkan dua patung ondel-ondel raksasa yang ada di sebuah bundaran lalu lintas.

Eko juga menambahkan narasi sebagai berikut: “Monumen Ondel-Ondel di Kemayoran, sebuah kreasi anak bangsa bernama Anies Baswedan.” Kini, postingan Eko sudah dibagikan 25 kali saat tangkapan layar diambil, Selasa (19/11/2019).

Berdasarkan hasil penelusuran terhadap foto yang diunggah Eko itu, ditemukan fakta bahwa dua patung raksasa yang ada di foto itu memang benar adalah patung ondel-ondel raksasa yang merupakan ikon kebudayaan Betawi dipasang di kawasan eks bandara, Jalan Benyamin Sueb, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Namun, narasi “sebuah kreasi anak bangsa bernama Anies Baswedan” tidak benar. Karena patung ini didirikan oleh Pusat Pengelolah Komplek Kemayoran (PPKK) dengan melibatkan sejumlah seniman dan budayawan pada Desember 2013 dan diresmikan pada 17 Januari 2014. Seperti dalam beberapa pemberitaan di media mainstreem yang ada.

Peresmian Ondel-ondel sebagai ikon Kemayoran dilaksanakan pada tanggal 17 Januari 2014. Ondel-ondel raksasa tersebut berukuran tinggi 9 meter dan berdiri di atas pondasi setinggi 4 meter, sehingga keseluruhannya mencapai tinggi 13 meter.

Hal ini membuat Ondel-ondel Kemayoran dinobatkan sebagai Ondel-ondel terbesar yang pernah ada di Indonesia dan memenangkan rekor MURI.

Syarief Ramaputra, seorang relawan Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo) mengatakan, postingan yang dibagikan akun Eko itu adalah konten yang salah. “Dimana ketika konten yang asli dipadankan dengan konteks informasi yang salah,” jelas Syarief dalam ulasan periksa faktanya.

Sumber Berita
Okezone

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker