Kepala Bakamla RI Pimpin Uji Coba RHIB

Abadikini.com, JAKARTA – Kepala Bakamla RI/Indonesian Coast Guard (IDNCG) Laksdya Bakamla A. Taufiq R., memimpin uji coba laut (sea trial) terhadap kapal patroli RHIB yang baru selesai diperbaiki, di Pantai Utara Pluit Penjaringan, Jakarta Utara, Senin (18/11/19).
Perbaikan kapal patroli ini dilakukan melihat kondisi teknis 8 unit RHIB yang tidak memungkinkan untuk dioperasikan dalam menjalankan tugas mengamankan  perairan Indonesia. Adapun sejumlah RHIB yang diperbaiki adalah RHIB-602, RHIB-604, RHIB-605, RHIB-606, RHIB-607, RHIB-608, RHIB-609 dan  RHIB-610.
Kepala Biro Sarpras Bakamla RI Laksma Bakamla Amrien dalam paparannya mengatakan,   perbaikan yang dilakukan terhadap 8 unit RHIB tersebut meliputi perbaikan badan kapal (pelapisan fiber, pelapisan hypallon) dan pengecatan hull, penggantian mesin 8 RHIB, penggantian alat navigasi, pengadaan alat labuh tambat, pengadaan aksesoris RHIB, dan pengadaan serta  pemasangan alat keselamatan.
Kepala Bakamla RI dalam arahannya mengatakan,   8 unit RHIB ini harus digunakan oleh Bakamla RI sendiri, tidak lagi ditempatkan pada stakeholder, segera laksanakan dispersi sesuai dengan lokasi yang sudah ditentukan.
Kapal RHIB bertolak dari dermaga Pantai Mutiara Pluit Penjaringan untuk melaksankan sea trial. Kegiatan sea trial ini dimaksudkan untuk mengecek kesiapan dan kelayakan kapal patroli RHIB milik Bakamla RI, sekaligus nantinya untuk melengkapi kekuatan Bakamla RI dalam mengemban tugasnya melakukan patroli keamanan dan keselamatan di wilayah perairan Indonesia dan wilayah yurisdiksi Indonesia.
Selama kurang lebih  30 menit kapal patroli RHIB dicoba dengan pengecekan performa mesin, kemudian pengujian percobaan kecepatan dan manouvering seperti zig-zag test dan spiral test.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker