Eskalasi Konflik Kekerasan & Kejahatan Kemanusiaan di Papua Paling Tinggi di Era Jokowi

Abadikini.com, JAKARTA – Aktivis Hak Asasi Manusia (HAM) Indonesia Natalius Pigai kembali membeberkan fakta menarik perihal Papua. Menurutnya, eskalasi konflik kekerasan dan kejahatan kemanusiaan di Papua paling tinggi dalam sejarah, terjadi dibawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Mereka itu catat rekor di Papua, selama kemepimpinan Jokowi, paling tertinggi dalam sejarah. Kejahatan kemanusiaan, kekerasan eskalasi konflik yang paling tinggi, kemudian juga ada penetrasi sipil, militer dan penetrasi kapital, paling tertinggi itu terjadi lima tahun tahun terakhir selema kepemimpinan Jokowi,” ujar Natalius Pigai pada keterangan tertulisnya. Senin, (18/11/2019).

Tak hanya itu, satu-satunya anggota Komnas HAM periode 2012 – 2017 yang berasal dari Papua ini menyebut, bahwa selama ini Presiden Jokowi memanfaatkan Papua untuk mendongkrak popularitasnya.

“Menurut saya, ini mereka Presiden selama ini memanfaatkan Papua hanya untuk mendongkrak dirinya saja, tapi kejahatan dan kekerasan tidak pernah dia hentikan,” ucapnya.

Faktanya, Pigai kembali menerangkan, bahwa Jokowi sebagai Presiden RI dan juga Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) tak mampu menyelesaikan konflik yang terjadi di Papua.

“Mereka ini tidak mampu menghentikan proses persoalan ini, konflik kekerasan, kejahatan kemanusiaan Papua. Damai dan tidaknya Papua itu tergantung Presiden dan Menkopolhukam,” tukasnya.

Topik Berita

Baca Juga

Back to top button
Close