Arkeolog Temukan Kota Kuno yang Dibuat Alexander Agung

Abadikini.com – Para arkeolog dari Pakistan dan Italia menemukan kota kuno berusia 3 ribu tahun. Dilansir dari Orissa Post pada Sabtu (16/11), kota kuno itu diyakini merupakan kota sisa–sisa peninggalan kekaisaran Makedonia dengan rajanya yakni Alexander Agung. Kota kuno itu ditemukan dalam sebuah penggalian bersama di barat laut Pakistan.

Dilansir dari Republika, Kota tua itu diberi nama Bazeera yang lokasinya berada di Barikkt Tehsil, Distrik Saat Provinsi Khyber Paktunkhwa, Pakistan yang terkenal dengan peradaban 5 ribu tahun dan benda–benda bersejarahnya.

Dalam penggalian itu juga ditemukan jejak candi Hindu, koin, stupa, pot dan senjata pada periode itu. Para arkeolog meyakini pada masa itu Alexander Agung bersama pasukannya pernah datang ke Swat sekitar 326 Sebelum Masehi.

Arkeolog meyakini Alexander Agung dan pasukannya berhasil mengalahkan lawannya dalam sebuah pertempuram di daerah Odigram. Di kemudian hari, Alexander agung membangun sebuah kota bertembok dan benteng dengan nama Bazeera.

Selain itu para arkeolog juga menemukan adanya tanda–tanda kehidupan di kota itu bahkan sebelum zaman Alexander. Menurut para Arkeolog sebelum masa Alexander agung, orang–orang Indo–Yunani, Budha, Shahi Hindu dan muslim tinggal di kota itu.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker