Kapal Selam AS Perang Dunia II Ditemukan di Jepang

Abadikini.com, JAKARTA – Kapal selam USS Grayback milik Angkatan Laut Amerika Serikat ditemukan di prefektur Okinawa, Jepang, setelah hilang selama 75 tahun. Kapal yang digunakan pada Perang Dunia II itu ditemukan di kedalaman hampir 450 meter di bawah laut.

Dikutip CNNIndonesia, Senin (11/11), pencarian kapal yang mengangkut 80 awak tersebut awalnya dilakukan penjelajah bawah laut Tim Taylor dan tim Proyek Lost 52 dengan berbekal beberapa dokumen perang militer Jepang yang sudah diterjemahkan.

Akan tetapi, hasil terjemahan dokumen berisi informasi tempat tenggelam menunjukkan kesalahan pada penulisan garis bujur lokasi kapal.

Meskipun kurang akurat, Taylor tetap menggunakan dokumen itu ditambah beberapa catatan misi Jepang untuk melakukan pencarian di wilayah selatan Okinawa.

Pada 5 Juni lalu, Grayback berhasil ditemukan di sekitar 100 mil dari titik awal dengan bantuan beberapa kapal bawah laut otonom, serta teknologi pencitraan yang canggih.

Pencarian itu kemudian dikonfirmasi resmi oleh kepala Cabang Arkeologi Bawah Laut milik Komando Warisan dan Sejarah Angkatan Laut, Robert S. Neyland.

Penemuan kapal ini membuat perasaan keluarga para awak campur aduk. Salah satunya keponakan awak Raymond Parks, Gloria Hurney.

Hurney awalnya merasa tidak yakin dengan penyelamatan kapal tersebut. Namun, rasa tidak percaya dan sedih itu kemudian berubah menjadi kelegaan.

“Penemuan kapal tersebut mengakhiri berbagai pertanyaan terkait tenggelamnya kapal Grayback beserta lokasi. Saya percaya itu akan membuat para saudara dari awak kapal merasa lebih baik untuk berbagi cerita mereka,” kata dia.

Angkatan Laut menuturkan bahwa setiap penemuan kapal karam adalah kesempatan untuk mengenang jasa para tentara sekaligus turut merasakan apa yang terjadi pada kondisi tersebut, dan lebih dari itu membuat perasaan keluarga dan rekan korban merasa lebih baik.

Topik Berita

Baca Juga

Back to top button
Close