Cara Jitu Tagih Utang ke Teman Biar Nggak Amsyong

Abadikini.com, JAKARTA – Memberikan pinjaman uang kepada seorang teman merupakan hal biasa. Tapi, seringkali ada perasaan tak enak saat ingin menagih kembali uang yang telah dipinjamkan tersebut. Bagaimana mengatasinya?

Perencana Keuangan Financial Consulting Eko Endarto menyarankan, sebelum berutang buatlah perjanjian utang-piutang kepada yang bersangkutan. Hal ini bertujuan untuk menghindari perasaan tidak enak saat menagihnya.

“Makanya kalo dia mau pinjam harus ada catatan hitam di atas putih sehingga ada buktinya. Jadi sebelum pinjam, orang juga akan berpikir bahwa ini bisa panjang urusannya kalo dia tidak mengembalikannya. Surat biasa atau kwitansi juga nggak apa-apa, bahwa dia mau mengembalikan kapan dan konsekuensinya apa jika dia tidak mengembalikan,” saran Eko, seperti dikutip Abadikini dari laman detikcom, Sabtu (9/11/20190.

Jika masih tidak ada itikad baik dari orang yang bersangkutan, Anda bisa meminta bantuan kepada orang terdekatnya supaya bisa bantu menagihnya.

“Kalo memang dia susah ditagihnya, minta bantuan orang yang lebih dekat ke dia. Misalnya ke orangtua atau teman dekat. Biasanya sedikit lebih punya efek dibanding langsung ke orangnya. Ya ngomong dong tolong bantuin tagihin,” ujar Eko.

Dihubungi terpisah, Perencana Keuangan dari ZAP Finance Prita Hapsari Ghozie menambahkan, Anda bisa meminta jaminan sebagai konsekuensi jika mereka tidak membayar utang sesuai yang dijanjikan. Hal itu bisa dilakukan jika utang yang akan dipinjamkan dalam jumlah yang besar.

“Minta agunan yang bisa dieksekusi bila nilai utang besar,” kata Prita.

Topik Berita
Back to top button
Close