Ketika Negara Meksiko Buat Patung dan Taman Soekarno

Abadikini.com, JAKARTA- Indonesia kerap melakukan berbagai upaya guna memperat hubungan bilateral dengan Meksiko. Belum lama ini, patung dan taman Soekarno baru saja diresmikan di Kota Meksiko.

Menurut sejarah, Soekarno memang memiliki hubungan yang sangat dekat dengan mantan Presiden Meksiko Mateo Lopez. Presiden pertama RI itu melakukan kunjungan pertamanya ke Meksiko pada 1959 silam.

Sejak kunjungan tersebut, Soekarno rutin menyambangi Mesksiko untuk bertemu Mateo Lopez pada 1960 dan 1961. Presiden Mateo Lopez pun membalas kunjungan Soekarno di tahun berikutnya. Pada 1962, ia beserta rombongan menyambangi Indonesia.

Melansir dari laman Okezone, Soekarno rupanya memiliki pengaruh yang cukup besar di kalangan elit politik Meksiko. Terlebih lagi setelah ia sukses menyelenggarakan Konferensi Asia Afrika di Bandung pada 1955.

Nah, pada 26 September 2019 lalu, Puan Maharani beserta Walikota Venustiano Carranza, Mexico, Bapak Julio Cesar Moreno, telah meresmikan Taman Soekarno yang berlokasi di Mexico City. Taman seluas 2.500 meter persegi ini telah selesai pembangunan tahap pertamanya.

Selain dihiasi berbagai jenis tanaman, di taman tersebut telah berdiri patung Presiden pertama RI, Ir. Soekarno, setinggi 3 m, mural setinggi 4 m dengan gambar kedekatan Presiden Soekarno dengan Presiden Mexico Mateo Lopez (1958 – 1964), serta tulisan 3 dimensi Parque Soekarno (Taman Soekarno) setinggi 1 m.

Acara peresmian dihadiri oleh kurang lebih 150 undangan, yang terdiri dari delegasi dari Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Kementerinan Luar Negeri RI, para pejabat Pemerintah Pusat Mexico, pejabat Pemerintah Mexico City, Duta Besar negara-negara sahabat, serta perwakilan masyarakat di wilayah Venustiano Carranza.

Puan Maharani yang pada saat itu masih menjabat sebagai Menko PMK menyampaikan bahwa, dengan berdirinya Patung Soekarno dan ditambah dengan dijadikannya lokasi penempatan patung sebagai Taman Soekarno, hal ini merupakan penghargaan yang sangat tinggi dari bangsa Mexico kepada bangsa Indonesia pada umumnya, serta kepada keluarga Soekarno pada khususnya.

“Kehadiran Taman dan Patung Soekarno di Mexico City diharapkan menjadi simbol dan pengingat bagi warga kedua negara bahwa Indonesia dan Mexico mempunyai sejarah hubungan yang kuat,” terang Puan Maharani seperti dikutip dari laman resmi Kementerian Luar Negeri RI, Senin (4/11/2019).

“Ke depannya Pemerintah Indonesia berkomitmen untuk meningkatkan hubungan kedua bangsa, termasuk melalui kerja sama pendidikan dan budaya,” tambahnya.

Sementara Walikota Venustiano Carranza dalam sambutannya menyatakan bahwa peresmian Taman dan Patung Soekarno di wilayahnya ini merupakan awal dari salah satu program pemerintahannya untuk membangun apa yang dinamakan “corredor de la naciones” (koridor bangsa-bangsa). Di area ini nantinya akan dibangun icon-icon tertentu dari berbagai bangsa di dunia.
Bagi Venustiano Carranza, dengan peresmian Taman dan Patung Soekarno sebagai kick off dari program tersebut, hal ini merupakan kebanggaan tersendiri mengingat Soekarno merupakan tokoh besar yang dikenal sebagai pejuang yang berhasil mengakhiri penjajahan di Indonesia.

Peresmian Taman dan Patung Soekarno ditandai dengan pembukaan kain penutup tulisan Taman Soekarno dan Patung Soekarno, pemecahan kendi dan penandatanganan prasasti oleh Puan Maharani dan Walikota Venustiano Carranza.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker