Conan, Anjing Pengejar al-Baghdadi Diundang ke Gedung Putih

Abadikini.com, WASHINGTON – Presiden Donald Trump mengungkap identitas anjing militer yang mengejar pemimpin ISIS Abu Bakr al-Baghdadi dalam operasi pasukan khusus Amerika Serikat (AS) di Idlib, Suriah, Sabtu pekan lalu. Anjing bernama Conan itu bahkan diundang presiden untuk datang ke Gedung Putih.

Conan terluka dalam operasi yang berujung pada kematian pemimpin kelompok teroris itu di kompleks bangunan di Barisha, Idlib. Al-Baghdadi, sebagaimana dikonfirmasi Trump, tewas bersama para istri dan tiga anaknya setelah meledakkan rompi bom bunuh diri ketika hendak didekati pasukan khusus dan anjing militer AS.

Berbicara pada pertemuan umum di Mississippi, Jumat malam, Presiden Trump secara khusus memusatkan perhatian pada Conan. “Sebenarnya, dan saya senang tentang ini, anjing Conan mendapat publisitas lebih daripada saya dan saya sangat senang tentang itu,” katanya.

Dia juga menyinggung kisah penyerbuan terhadap al-Baghdadi yang “menghilang begitu cepat” dan dia mengklaim operasi itu bukan demi cerita untuk diliput media.

“Saya melakukannya karena itu adalah hal yang benar untuk dilakukan,” ujarnya, sembari memuji pasukan khusus AS atas operasi yang sukses.

“Operator khusus Amerika melakukan penggerebekan besar-besaran yang mengakhiri hidupnya yang buruk dan mendorong tiketnya ke neraka, saya kira Anda bisa mengatakannya,” paparnya, merujuk pada sosok al-Baghdadi, sebagaimana dikutip Sputniknews, Sabtu (2/11/2019).

Trump menggarisbawahi bahwa tidak ada musuh yang memiliki peluang melawan kekuatan “orang benar” dari militer AS. Dia menegaskan bahwa pemimpin Daesh atau ISIS gemetar serta menangis dalam ketakutan menghadapi pasukan Amerika sebelum akhirnya dia terbunuh.

Komentarnya tentang kondisi terakhir al-Baghdadi disampaikan setelah dia mengungkapkan nama anjing yang terluka selama operasi tersebut. Trump juga menulis di Twitter bahwa dia mengundang Conan agar datang ke Gedung Putih. “Conan akan meninggalkan Timur Tengah ke Gedung Putih minggu depan!,” tulis Trump.

Akun Twitter POTUS (President of the United States) sebelumnya telah berbagi foto yang menunjukkan Trump memberikan medali pada anjing yang disebut-sebut oleh Trump sebagai “pahlawan Amerika”.

Conan merupakan anjing jenis Belgian Malinois. CBS News mengutip seorang pejabat senior AS yang tidak disebutkan namanya mengatakan bahwa pemerintahan Trump sedang mengatur waktu agar anjing itu mengunjungi Gedung Putih. Namun menurut pejabat itu, kemungkinan undangan Trump itu sulit dipenuhi karena anjing tersebut harus kembali bekerja di bidangnya.

Topik Berita

Baca Juga

Back to top button
Close