Komisi III DPR Tanyakan Peran Istri Calon Kapolri Komjen Idham Azis

Abadikini.com, JAKARTA – Kunjungan jajaran Komisi III DPR ke kediaman Komjen Idham Azis menjadi bagian dari uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) calon Kapolri. Para anggota dewan itu menanyakan tentang kehidupan pribadi Idham.

“Hal-hal yang kami tanyakan dan kami beri masukan adalah sebagian besar menyangkut masalah-masalah hal-hal yang soal kehidupan pribadi,” kata Ketua Komisi III DPR Herman Hery di kediaman Idham, Jalan Panglima Polim III, Jakarta Selatan, Rabu (30/10/2019) seperti dilansir Abadikini dari laman Detik.

Herman mengatakan pertanyaan-pertanyaan personal itu menjadi tradisi bagi Komisi III saat uji kelayakan dan kepatutan bagi calon Kapolri. Menurut Herman, salah satu pertanyaan yang diajukan pada Idham yaitu mengenai peran istrinya.

“Karena ini sudah menjadi tradisi di dalam fit and proper test setiap Kapolri mendidik anak-anak kehidupan suami istri dalam meng-handle misalnya tugas-tugas beliau sebagai Kapolri nanti, apa peran istri apakah istri ikut campur terlalu jauh, ini hal-hal sensitif yang kami pertanyakan tadi,” ucap Herman.

Lantas bagaimana hasilnya?

“Dari apa yang kami sampaikan dan mendapat jawaban dari keluarga ini, kesimpulan kami adalah satu, keluarga Pak Idham Azis adalah keluarga sakinah mawadah warahmah yang patut dijadikan contoh oleh seluruh anggota institusi Polri,” kata Herman.

Herman menyampaikan bila Komisi III puas dengan jawaban-jawaban yang disampaikan Idham. Siang nanti pukul 14.00 WIB Idham pun langsung diminta ke DPR untuk mengikuti uji kelayakan dan kepatutan.

“Kami berharap semoga Allah SWT selalu melindungi keluarga ini dan diizinkan oleh Allah untuk menjadi Kapolri nanti,” ucapnya.

Baca Juga

Back to top button