Pengamat Sebut Peluang Gibran Maju Wali Kota Solo Melalui PDIP Makin Besar

Abadikini.com, JAKARTA – Gibran Rakabuming Raka berambisi maju menjadi Wali Kota Surakarta melalui PDIP. Putra Presiden Joko Widodo itu dinilai berpeluang besar memperoleh rekomendasi dari DPP PDIP.

Hal tersebut disampaikan Kepala Laboratorium Kebijakan Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta, Suwardi. Unisri sebelumnya pernah melakukan survei dan hasilnya cukup positif bagi Gibran.

“Potensi politik Gibran bagus, popularitas bagus, akseptabilitas cukup. Sebagai orang di luar incumbent punya elektabilitas cukup baik,” kata Suwardi saat dihubungi detikcom yang dilnsir Abadikini, Senin (28/10/2019).

Menurutnya, kedatangan Gibran ke kediaman Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri beberapa waktu adalah sinyal positif bagi Gibran. Sebab, kata Suwardi, Megawati tidak pernah sembarangan menerima tamu.

“Bu Mega tidak sembarangan nerima orang. Ternyata kok diterima. Artinya Gibran punya nominasi cukup kuat untuk memperoleh rekomendasi, sama kuat dengan calon yang diajukan DPC (Purnomo-Teguh). Tergantung proses politik di DPP nanti seperti apa,” katanya.

Selain itu, pertemuan itu juga sekaligus pesan kepada seluruh kader PDIP bahwa keputusan sepenuhnya ada di tangan Ketum PDIP.

“Kan kesannya Gibran itu tidak diterima di DPC PDIP, tapi ternyata Bu Mega menerima,” katanya.

Termasuk ketika Gibran diminta membaca sejumlah buku Bung Karno. Sejumlah pihak menilai permintaan itu adalah karena kurangnya pengalaman Gibran, namun dalam dalam Suwardi justru berbeda.

“Justru menurut saya, Gibran itu disuruh siap-siap. Dia harus bersiap mendapatkan rekomendasi,” ujar dia.

Nama Gibran pertama kali muncul dalam survei yang dirilis Unisri beberapa bulan lalu. Tiga nama dalam survei itu, Gibran, Achmad Purnomo dan Teguh Prakosa, saat ini berebut rekomendasi dari DPP PDIP.

Unisri saat ini tengah melakukan survei kembali setelah calon-calon peserta Pilwalkot Surakarta sudah menegaskan maju. Suwardi menargetkan akan segera merilis survei itu.

“Survei ini menanyakan apakah nama-nama calon sudah sesuai kriteria. Lalu kita tanyakan juga masyarakat akan memilih siapa kalau Pilkadanya dilakukan sekarang. Paling lama pertengahan Desember kita paparkan hasilnya,” tutupnya.

Sumber Berita
Detik

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker