Raja Thailand Geram dengan Ulah Para Permaisurinya Karena Dianggap Tak Setia

Abadikini.com, BANGKOK – Raja Thailand Maha Vajiralongkorn telah mencabut pangkat dan gelar selirnya karena “kelakuan buruk dan ketidaksetiaan” terhadap raja. Pengumuman resmi mengatakan Sineenat Wongvajirapakdi telah “ambisius” dan mencoba “mengangkat dirinya ke posisi yang sama dengan ratu”.

“Perilaku permaisuri dianggap tidak sopan,” kata pernyataan itu sebagaimana dilansir BBC.

Dia diangkat sebagai permaisuri pada Juli, hanya dua bulan setelah raja menikahi Ratu Suthida, istri keempatnya.

Pernyataan yang diterbitkan pada Senin mengatakan bahwa Sineenat telah “menunjukkan perlawanan dan tekanan dengan segala cara untuk menghentikan penunjukan Ratu” menjelang penobatan pada Mei.

“Raja memberinya posisi permaisuri, dengan harapan meringankan tekanan dan masalah yang dapat memengaruhi monarki,” kata pernyataan itu.

Disebutkan juga bahwa permaisuri menunjukkan “perlawanan terhadap raja dan ratu” dan menyalahgunakan kekuasaannya untuk memberi perintah atas nama raja.

Raja, kata pernyataan itu, telah mengetahui bahwa “dia (permaisuri) tidak bersyukur atas gelar yang diberikan kepadanya, dan dia juga tidak berperilaku sesuai dengan statusnya”. Dia memerintahkan permaisuri melepaskan semua gelar kerajaan, penghargaan, status dalam penjaga kerajaan dan pangkat militernya.

Sineenat, yang merupakan seorang mayor jenderal dan merupakan pilot terlatih, perawat dan pengawal, adalah orang pertama yang dianugerahi gelar Royal Noble Consort dalam hampir satu abad.

Ratu Suthida – mantan pramugari berusia 41 tahun dan wakil kepala unit pengawalnya – adalah pasangan jangka panjang Raja Vajiralongkorn dan telah terlihat bersamanya di depan umum selama bertahun-tahun.

Pengumuman bahwa Sineenat telah dilucuti dari gelarnya diterbitkan di Royal Gazette pada Senin. Ini menandai kejatuhan yang tiba-tiba dari sang mantan permaisuri kerajaan, yang selama beberapa tahun sering terlihat di sisi Raja Vajiralongkorn.

Bahkan setelah pernikahan raja dengan Ratu Suthida, Sineenat adalah tamu tetap di acara-acara kerajaan.

Back to top button