Trending Topik

Zainudin Amali, Menpora Yang Diberi Tugas Jokowi Benahi Sepak Bola

Abadikini.com, JAKARTA – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI yang baru Zainudin Amali punya kesan tersendiri di mata pengamat olahraga, Mahfudin Nigara.

Nigara yang notabene salah satu temannya menyebut Zainudin cukup jago bermain sepak bola. Pria kelahiran Gorontalo itu bahkan merupakan penggila sepak bola.

Nigara mengatakan bersama Zainudin dan tujuh orang lainnya pernah melahirkan Liga Mahasiswa di tahun 1979-1980.

“Dulu kami dari 1979 hingga 1980 melahirkan Liga Mahasiswa. Dari awalnya sering main bola bareng di lapangan Kuningan bersama rekan-rekan lainnya lewat PS Mahasiswa, klub internal Persija. Tapi kami yang tidak ikut kompetisi [internal Persija],” kata Nigara, seperti dikutip Abadikini dari laman CNNIndonesia.com, Kamis (24/10/2019).

Kebolehan Zainudin bermain sepak bola disebut Nigara tidak diragukan lagi. Meskipun tidak melanjutkan kariernya di dunia sepak bola profesional, kegilaan Zainudin terhadap sepak bola juga tidak perlu disangsikan lagi.

Pembentukan Liga Mahasiswa kala itu juga punya tujuan mulia, yakni untuk melahirkan pemain-pemain sepak bola andal yang bisa unjuk gigi di level profesional nantinya. Sebab, salah satu persyaratan untuk pemain tampil di Liga Mahasiswa yang dibuat Zainudin saat itu adalah mereka tidak boleh pernah tampil di klub amatir maupun profesional.

“Jadi, kalau rencana Pak Jokowi untuk membenahi persepakbolaan Indonesia menjadi lebih baik, Zainudin Amali sebagai Menpora adalah pilihan yang tepat,” sebutnya.

Presiden Jokowi juga menyampaikan kepada Zainudin Amali untuk membenahi tata kelola sepak bola pada perkenalan menteri Kabinet Indonesia Maju 2019-2024 di Istana Negara, Rabu (23/10).

Seperti diketahui, sepak bola Indonesia menjadi sorotan dalam beberapa tahun terakhir. Selain miskin prestasi, olahraga paling populer di Indonesia itu kerap dirundung masalah.

Salah satu isu yang paling santer setahun terakhir adalah kasus mafia bola. Pemerintah bahkan memberikan tugas kepada Polri untuk membentuk Satgas Antimafia Bola.

“Zainudin Amali, Menpora. Sepak bolanya, Pak,” kata Jokowi di sela-sela perkenalan Kabinet.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker