Bakal Urusi 142 BUMN, Erick Thohir Usulkan 3 Wakil Menteri

Abadikini.com, JAKARTA – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Kabinet Indonesia Maju Erick Thohir mengakui mengusulkan posisi wakil menteri (Wamen) BUMN. Salah satu nama yang diusulkan oleh mantan Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma’ruf Amin ini adalah Direktur Utama PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) Kartika Wirjoatmodjo.

“Ya, salah satu kandidat saya rasa profesional dan lebih mudah dari saya kan,” katanya, Rabu (23/10).

Pernyataan Erick tersebut sekaligus membenarkan rumor yang beredar jika Tiko, sapaan akrab Kartika Wirjoatmodjo akan menjadi Wamen BUMN.

Tak hanya satu wakil, Erick justru menuturkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengizinkan dirinya memiliki lebih dari satu wakil. Pertimbangannya adalah Kementerian BUMN memiliki tanggung jawab luas atas 142 perusahaan.

“Kalau 142 bisa 2 bisa 3 (Wamen BUMN), bahkan Pak Presiden bilang kalau perlu 5 ya dikasih. Tetapi kami lihat, di sini ada juga Pak Sekretaris Menteri serta deputi, jadi sudah ada tugasnya,” ujarnya dikutip dari CNN.

Ia menekankan keputusan tersebut belum final lantaran masih harus dibahas dalam rapat terbatas bersama Presiden Jokowi yang rencananya digelar Kamis (24/10).

Ditemui terpisah, Tiko enggan berkomentar atas kabar penunjukan dirinya sebagai Wamen BUMN. Ia hanya menjawab pertanyaan sembari terkekeh.

“Belum, belum. Masih gosip, masih gosip,” katanya.

Akan tetapi, dia mengaku mendapatkan undangan ke Istana Negara oleh Presiden Jokowi bertepatan dengan pelantikan Menteri Kabinet Indonesia Maju. Namun, ia enggan menuturkan tujuan undangan Presiden Jokowi tersebut.

Erick sendiri telah melakukan proses serah terima jabatan dengan Menteri BUMN periode 2014-2019 Rini Soemarno pada Rabu (23/10). Usai serah terima jabatan, ia langsung menggelar rapat koordinasi internal dengan para bersama jajaran Kementerian BUMN dan direksi BUMN.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker