Filippo Inzaghi, Si Offside yang Rajin Bikin Gol

Abadikini.com, JAKARTA – Banyak striker kelas dunia iri dengan Filippo Inzaghi Cuma bermodalkan dengan skill yang biasa-biasa saja, ditambah lagi sering offside banyak kiper kelabakan akan aksinya dilapangan. Jika disejajarkan dengan si tendangan geledek Gabriel Batistuta, maestro dribble Cristiano Ronaldo, pelari cepat Andriy Shevchenko dan tukang sundul maut Olivier Bierhoff, Filippo Inzaghi seolah hanya striker tanpa kemampuan mumpuni.

Tendangan atau sundulan kepalanya biasa saja, apalagi menggiring bola. Tapi, ada satu keunggulan Inzaghi yang tak dimiliki oleh seluruh striker di atas barusan. Apa itu? Keahlian meloloskan diri dari jebakan offside.

“Pemain itu pasti lahir dalam posisi offside,” ujar Sir Alex Ferguson saat mengetahui Filippo Inzaghi adalah pemain paling sering offside dalam sejarah sepak bola dunia.

Uniknya, ia juga sering menipu barisan pertahanan lawan dan lepas dari perangkap offside sebelum menyarangkan bola ke dalam gawang.

Salah satu contoh ‘keahlian’ Inzaghi bisa kita lihat sewaktu dirinya mencetak gol ke gawang Bayern Munchen di Liga Champions 2006/07.

Ketika Clarence Seedorf mengumpan, tanpa diduga Inzaghi lepas dari jebakan offside, berlari menuju gawang Munchen dan melakukan penyelesaian sempurna.

Bukan cuma terkenal dengan kemampuan meloloskan diri, ia juga salah satu striker yang senantiasa dihinggapi dewi fortuna alias keberuntungan, termasuk gol-golnya.

Gol keberuntungan Inzaghi yang sangat dikenang publik yaitu ke gawang Liverpool di final Liga Champions 2007. Tendangan bebas Andrea Pirlo membentur badan Inzaghi, arah bola pun berubah menuju gawang.

Terlepas dari itu semua, eks striker Juventus dan AC Milan ini tergolong sebagai pembunuh paling mematikan di kotak penalti lawan. Ia mencetak 288 gol dalam 623 pertandingan sepanjang kariernya. Walaupun sering offside dalam aksi dilapangan wajar jika ia disebut si offside yang rajin bikin gol.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker