4 Manfaat Madu Hitam untuk Kesehatan

Abadikini.com – Bayak khasiat dari madu, selain madu yang bewarna kecokelatan, ada madu hitam yang juga tidak kalah memberikan manfaat untuk tubuh.

Madu hitam merupakan madu yang berasal dari bunga mahoni, sehingga warnanya lebih hitam dan pekat. Selain itu, jenis madu yang satu ini juga mempunyai rasa yang lebih pahit dibandingkan madu biasa.

Sumber rasa pahit tersebut berasal dari senyawa alkaloid yang ada pada pohon mahoni. Akan tetapi, justru dari alkaloid inilah banyak manfaat yang bisa Anda peroleh dari madu hitam.

Selain itu, madu hitam juga mengandung beberapa zat lainnya yang ternyata baik untuk tubuh Anda, seperti saponin dan flavonoid.

Pada tahun 2013, terdapat sebuah penelitian yang dimuat dalam Iranian Journal of Basic Medical Sciences tentang penggunaan madu tradisional dan modern untuk kesehatan manusia. Di sana diketahui bahwa madu hitam mengandung antioksidan lebih tinggi daripada madu biasa.

Hal ini dikarenakan madu yang mengandung senyawa flavonoid ini mempunyai kandungan fenolik total yang lebih banyak, sehingga efeknya cukup besar terhadap tubuh manusia.

Selain itu, banyak penelitian yang mengatakan bahwa semakin gelap warna sebuah madu, semakin banyak nutrisi dan vitamin yang dimiliki olehnya.

Maka itu, kebanyakan orang percaya bahwa madu hitam memiliki manfaat yang baik untuk tubuh manusia, seperti dilansir Hello Sehat :

1. Cocok untuk penyandang diabetes

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, madu hitam mengandung alkaloid yang tinggi dan sifatnya baik untuk penyandang diabetes. Tidak hanya itu, madu hitam memiliki kadar glukosa yang rendah, sehingga kemungkinan besar tidak akan meningkatkan gula darah secara drastis.

Bahkan, menurut sebuah penelitian dari Journal Pharmaceutical Biology tanaman yang mengandung senyawa alkaloid juga menunjukkan aktivitas antihiperglikemik pada uji coba tikus yang memiliki diabetes.

Itu sebabnya, madu hitam yang memiliki kandungan alkaloid ini kemungkinan besar memiliki manfaat terhadap pengobatan diabetes.

Walaupun demikian, belum ada penelitian langsung pada manusia untuk membuktikan apakah hal ini benar-benar aman untuk digunakan. Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

2. Membantu mengobati maag

Selain cocok untuk para diabetesi, manfaat madu hitam lainnya adalah dapat membantu mengobati maag (sindrom dyspepsia). Madu hitam diketahui dapat membantu mengatasi gejala maag yang cukup mengganggu, seperti perut sakit dan mual.

Salah satu penyebab seseorang merasakan gejala maag adalah tukak lambung. Nah, madu sendiri memiliki sifat dasar sebagai antibiotik, sehingga membantu mengurangi gejala tukak lambung akibat infeksi Helicobacter pylori.

3. Menyehatkan kulit

Sudah menjadi rahasia umum bahwa madu dapat membantu proses penyembuhan luka di kulit, sehingga bisa juga digunakan untuk menyamarkan bekas jerawat. Selain itu, madu hitam juga mempunyai manfaat untuk menghilangkan bintik-bintik hitam pada wajah.

Hal tersebut karena madu hitam dapat mengangkat sel kulit mati pada wajah karena sifat eksfoliasinya.

Cobalah untuk mengoleskan madu hitam pada wajah Anda maksimal dua kali seminggu. Jangan lupa pula untuk memakai minyak zaitun untuk menjaga kelembapan pada wajah setelah diolesi madu hitam.

Namun, Anda perlu ingat bahwa metode ini bekerja sesuai dengan sensitivitas kulit masing-masing orang.

4. Membantu meredakan batuk

Bagi Anda yang sedang batuk dan ingin mencoba cara alami, mungkin Anda bisa menggunakan madu hitam sebagai solusinya.

Sebuah penelitian yang dimuat dalam jurnal Child Pediatric Health terhadap anak yang menderita bronkitis menemukan bahwa sifat dasar madu secara umum dapat mengurangi gejala batuk. Metode ini pun cukup efektif pada orang-orang yang belum melakukan pengobatan apa pun untuk meredakan batuk mereka.

Meski begitu, Anda tetap dianjurkan untuk menggunakan madu hitam ini bersama dengan obat batuk lainnya agar kondisi Anda cepat membaik.

Mengonsumsi madu apa pun, termasuk madu hitam memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh Anda. Akan tetapi, jika Anda ragu bahwa jenis madu ini sesuai dengan kondisi Anda, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum memakai madu hitam.

Baik untuk kesehatan , coba cara alami untuk masalah kesehatan di atas dengan konsumsi madu hitam.

Sumber Berita
Suara
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker