Filosofi Kode ‘Telepon Tergantung’ Jokowi soal Menteri

Abadikini.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan kode ‘telepon tergantung’ jelang pengumuman nama-nama menteri. Tenaga Ahli Kedeputian IV Kantor Staf Presiden, Ali Mochtar Ngabalin, megungkapkan filosofi di balik kode tersebut.

“Maklumat membaca filosofi gagang telepon yang tergantung dan tagline ‘sabar sebentar lagi’ dua pengertian mendasar. Satu, presiden akan telepon dan memastikan nama yang yang telah beliau cantumkan calon anggota kabinet beliau,” kata Ngabalin, Kamis (17/10/2019) dikutip detik.

“Dua, beliau akan menghubungi masing-masing calon menteri yang beliau yakini bisa dan dapat bekerja membantu beliau di pemerintahan,” imbuh Ngabalin.

Ngabalin mengatakan Jokowi ingin calon pembantunya memiliki kompetensi ideal sesuai latar belakang keilmuan serta pengalaman yang selaras dengan pos kementerian terkait. Jokowi juga disebut ingin menterinya memiliki visi misi sejalan dan berani membuat kebijakan yang menyejahterakan rakyat.

“Semua calon menteri harus paham dan mengerti bahwa dalam menjalankan tugas pemerintahan pusat komando dan ketaatan tugas pemerintahan hanya satu komando ada pada Presiden Joko Widodo. Siapapun Anda dan dari manapun Anda datang berasal setelah dilantik dan diambil sumpah oleh Presiden, maka hanya ada satu matahari dalam menjalankan roda pemerintahan yakni Presiden Joko Widodo,” tegas Ngabalin.

Ngabalin berharap para menteri Jokowi di Kabinet Jilid II bisa menjaga amanah yang diberikan. Dia menekankan tugas seorang menteri adalah membatu presiden dan tidak membuat kebijakan yang menyimpang dari visi misi kepala negara.

“Tidak boleh ada seorang pun yang berpaling dari perintah presiden. Harus konsisten dalam menjalankan semua perintah dari orang yang memberi amanah,” ucap Ngabalin.

Di media sosialnya seperti Instagram, Jokowi mengunggah foto gagang telepon disertai kalimat ‘sabar sebentar lagi’ saat berbicara tentang nama-nama menteri kabinet untuk pemerintahan periode 2019-2024. Jokowi menegaskan susunan kabinet sudah rampung.

Seperti kode ‘sabar sebentar lagi’, Jokowi meminta publik untuk menunggu barang waktu sebentar lagi. Dia menyebut Indonesia tidak kekurangan orang-orang hebat untuk membantunya menjalankan roda pemerintahan.

“Yang jelas, susunan kabinet untuk pemerintahan periode mendatang sudah rampung. Saya akan umumkan segera setelah pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI 2019-2024 pada 20 Oktober, bisa di hari yang sama, atau setelahnya,” kata Jokowi.

Topik Berita

Berita Terkait

Back to top button
Close