Langkah AHY Masuk Kabinet Jokowi Belum Tentu Mulus Masih Ada Darmizal

Abadikini.com, JAKARTA – Pengamat politik dan hukum dari Universitas Nasional (Unas) Jakarta l, Saiful Anam menilai, peluang partai Demokrat untuk mendapatkan jatah menteri Jokowi hanya 1 kursi jika partai berlambang mercy itu masuk kabinet.

“Satu orang ini bisa Ketua umum Relawan Jokowi (ReJO) HM Darmizal atau Agus Harimurti Yudhoyono ((AHY). Saya melihat kans pak Darmizal kuat juga jadi menteri. Karena, dia adalah salah satu pendiri partai Demokrat dan pada Minggu 6 Mei 2018 lalu Darmizal berani mengambil keputusan untuk mendukung Jokowi dengan mendirikan ReJO sementara saat itu SBY masih gamang menentukan pilihan dalam Pilpres,” jelasnya.

Dijelaskan Saiful Anam, Darmizal sosok pendiam, tidak pernah meminta karena dia karakter pekerja seperti Jokowi.

“Latar belakang nasib dari kecil sampai UGM, hampir sama juga dengan Jokowi,” urainya.

“Darmizal dengan RèJO bekerja keras, berjuang cerdas tiada letih melapangkan jalan bagi Jokowi, jadi sangat layak diberi kepercayaan ketimbang yang banyak lobby bahkan tanpa keringat”.

Saiful Anam mengingatkan Jokowi agar tidak memasukkan menteri dari partai yang berseberangan saat Pilpres terlalu banyak. Karena, tidak menutup kemungkinan mereka akan jadi batu sandungan Jokowi sendiri.

“Jangan sampai mereka malah jadi duri dalam dalam daging jadi akan merepotkan presiden sendiri. Karena, kekuatan politik partai koalisi di parlemen sudah 63 persen. Itu sudah bagus kok,” kata Saiful Anam.

“Selain itu, Jokowi harus mesti hati-hati, karena bisa jadi hari ini kawan koalisi, 2024 justru jadi lawan berat PDIP,” tandasnya.

Topik Berita

Baca Juga

Baca Juga

Close
Back to top button
Close