Huawei Janji Bakal Berikan Pelatihan Sebelum Menerapkan Sistem 5G di Indonesia

Abadikini.com, JAKARTA – Huawei Indonesia menyatakan sampai saat ini masih ada kesenjangan antara ketersediaan Sumber Daya Manusia (SDM) di Indonesia dan perkembangan konektivitas 5G. Alhasil, Direktur ICT Strategy Huawei Indonesia, Mohammad Rosidi, menjanjikan bakal memberikan pelatihan sebelum menerapkan sistem 5G di Indonesia.

“Jadi pada saat kita bicara soal 5G dan SDM, misal ada teknologi baru itu memberikan suatu pelatihan atau sosialisasi. Kesenjangan pasti ada tapi kita harus lihat seberapa jauh kesenjangan ini,” ujarnya kepada awak media di Jakarta, Jumat (11/10).

Ditanya seberapa besar kesenjangan itu, Rosidi tidak menyebutkan angka pasti. Sebab menurut dia hal itu tergantung pada seberapa cepat masyarakat dapat mengadopsi teknologi ini.

Dia menambahkan Huawei sebagai penyelenggara jaringan 5G akan melakukan penelitian dan pengembangan (R&D) untuk mempersiapkan SDM sebelum menerapkannya.

“Selain itu, kalau berbicara soal SDM, kita [Huawei] sebagai owner atau penyelenggara teknologi 5G pasti kita sebelumnya membuat Research & Development,” ujar Rosidi.

Jika ditilik dari sisi pemerintah, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara mengatakan komersialisasi 5G di Indonesia belum akan diterapkan dalam waktu dekat. Penyebabnya, adalah pemerintah menilai belum tentu masyarakat mau mengeluarkan biaya lebih demi kecepatan jaringan 5G.

Sumber Berita
cnn

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker