UGM Tolak Ustadz Abdul Somad Beri Kuliah di Masjid Kampus

Abadikini.com, YOGYAKARTA – Pihak yang menolak kehadiran pengkhotbah kontroversial Abdul Somad untuk berceramah di Yogyakarta, terus bertambah.

Sebelumnya, Keraton Yogyakarta tidak membolehkan Somad alias UAS dan Muslim United untuk memanfaatkan Masjid Gede Kauman sebagai lokasi ceramah, sehigga santer tersiar acara dipindah ke masjid kampus Universitas Gadjah Mada.

Namun, UGM ternyata juga menolak masjid miliknya digunakan oleh UAS untuk memberikan kuliah. Kepala Humas dan Protokol UGM Iva Ariani membenarkan pelarangan pengunaan masjid UGM untuk UAS.

“Berkaitan acara yang rencananya diselenggarakan tanggal 12 Oktober 2019, maka pimpinan universitas meminta agar acara tersebut dibatalkan,” ujar Iva, Rabu (9/10/2019) seperti dikutip dari Suara.

Menurut Iva, pelarangan tersebut dilakukan untuk menjaga keselarasan kegiatan akademik dan nonakademik dengan jati diri UGM. Kegiatan yang menampilkan UAS sebagai pembicara dimungkinkan tidak selaras dengan jati diri UGM.

“Iya tidak sesuai keterkaitan acara dan pembicaranya,” ujarnya.

Rektorat, lanjut Iva, sudah memproses surat pelarangan kegiatan kepada takmir Masjid UGM. Dengan demikian, UAS dipastikan tidak akan bisa memberikan kuliah di Masjid UGM bertema Integrasi Islam dengan IPTEK: Pondasi Kemajuan Bangsa, Sabtu 12 Oktober 2019.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker