Prajurit TNI Gelar Upacara Hari Kesaktian Pancasila di Perbatasan RI-PNG

Abadikini.com, MERAUKE – Sebagai wujud penghargaan dan penghormatan kepada para pahlawan yang telah gugur mempertahankan Pancasila dan mengenang kembali pengorbanan para Pahlawan Revolusi, personel Pos Bupul 13 Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis Raider 411/Pandawa Kostrad melaksanakan upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Lapangan SD Inpres Bupul 13, Kampung Kirelly, Distrik Elikobel, Merauke, Papua, Selasa (1/10/2019).

Momentum Hari Kesaktian Pancasila merupakan sejarah penting bangsa Indonesia untuk mengenang jasa-jasa para Pahlawan korban penghianatan G 30/S PKI serta  menanamkan rasa jiwa nasionalisme kepada anak-anak, khususnya daerah perbatasan serta mengingatkan tentang pentingnya Pancasila untuk bangsa Indonesia.

Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di perbatasan RI-PNG dilaksanakan oleh Pos Bupul 13, bertindak sebagai Inspektur Upacara Komandan Pos Bupul 13 Letda Inf Yusri Khoirudin, dengan petugas upacara dari personel Pos dan peserta upacara para Dewan Guru dan siswa-siswi SD Inpres Bupul 13 dengan jumlah seluruhnya 33 orang.

Setelah pelaksanaan upacara, Letda Inf Yusri menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh peserta upacara karena telah melaksanakan upacara dengan berjalan lancar dan penuh khidmat, meskipun upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini adalah pertama kalinya dilaksanakan oleh siswa-siswi SD Inpres Bupul 13.

“Ini adalah wujud tekad kita semua bahwa yang tinggal di wilayah perbatasan sampai kapanpun akan selalu mengenang para Pahlawan Revolusi dan mempertahankan serta mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan NKRI, serta menanamkan jiwa nasionalisme kepada para generasi penerus bangsa khususnya di daerah perbatasan,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SD Inpres Bupul 13 Ibu Ona Bernandus, S. Pd.K., menyampaikan ucapkan sangat berterimakasih kepada Pos Bupul 13 Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis Raider 411/Pandawa Kostrad yang telah menyelenggarakan upacara Hari Kesaktian Pancasila di sekolahnya.

“Mudahan-mudahan dengan dilaksanakannya upacara pada hari ini semakin meningkatkan jiwa nasionlisme para siswa, memberikan pengetahuan dan pengalaman baru untuk dapat secara rutin melaksanakan upacara hari Senin dan hari-hari nasional lainnya,” ujarnya.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker