Pantai di Meksiko Seketika Tenggelam, Apa Penyebabnya?

Abadikini.com, JAKARTA – Foto-foto mengejutkan datang dari pantai populer di negara bagian Oaxaca, Meksiko, hingga pantai Puerto Escondito.

Pantai tersebut nampak seperti tenggelam ke Samudra dan membuat orang-orang kebingungan tak percaya.

Mengutip Odditycentral via Suara, Senin (23/9/2019) ternyata pantai tenggelam tersebut disebabkan oleh fenomena yang dikenal sebagai “mar de fondo“, atau “membengkak”.

Kejadian seperti ini sangat jarang terjadi apalagi di pantai-pantai yang populer. Mar de fondo biasanya terjadi akibat dari gelombang gravitasi permukaan yang diciptakan oleh badai ribuan mil jauhnya.

Badai tersebut menyebabkan kenaikan permukaan laut, tetapi berbeda dari air pasang, Mar de fondo menggerogoti pasir dan menyebabkan bentangan besar pantai seperti pantai tersebut tenggelam ke laut. Inilah yang terjadi di Puerto Escondito minggu lalu. Hal ini sama persis terjadi di tempat yang sama pada Mei tahun lalu.

Kasus seperti ini sebenarnya bisa terjadi di seluruh dunia, tetapi kejadian ini sangat sering terjadi di pantai Meksiko akibat angin kencang yang bertiup di antara Australia dan benua Amerika.

Infobae melaporkan bahwa gelombang tidak terlalu tinggi, sehingga tidak dapat dibedakan dari gelombang yang biasa terjadi. Tapi gelombang Mar de fondo menghasilkan peningkatan permukaan laut dan dapat menyebabkan erosi serius pada pasir.

Pantai di Meksiko tenggelam [odditycentral]

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker