Cairan Sperma Anda Sedikit? Berikut 9 Cara Ampuh untuk Memperbanyak

Abadikini.com, JAKARTA – Salah satu masalah infertilitas pada pria yang kerap terjadi adalah jumlah sperma yang sedikit. Jika Anda termasuk pria yang berkutat dengan masalah ini, Anda dapat melakukan beberapa cara memperbanyak sperma secara alami melalui perubahan pola makan hingga gaya hidup.

Dalam kondisi normal, terdapat sedikitnya 15 juta sel sperma per mililiter air mani (semen). Jika Anda memiliki jumlah sel sperma kurang dari itu, yang hanya bisa dikonfirmasi lewat pemeriksaan oleh dokter, maka Anda akan divonis menderita kondisi sel sperma sedikit alias oligospermia.

Sedikitnya jumlah sel sperma di dalam air mani ini akan berimbas pada masalah fertilitas, misalnya Anda akan sulit memiliki keturunan. Banyak hal dapat menuntun Anda pada masalah ini, mulai dari adanya gangguan kesehatan tertentu, faktor usia, hingga gaya hidup seperti kebiasaan merokok atau mengkonsumsi makanan tertentu.

Untuk mencari pengobatan tepat dari setiap masalah kesehatan yang Anda alami, sangat penting untuk mengetahui penyebabnya. Sayangnya, para peneliti tidak bisa memastikan secara spesifik penyebab jumlah sel sperma yang di bawah normal ini.

Meski demikian, para peneliti juga sepakat terdapat beberapa cara memperbanyak sperma yang efektif. Berikut cara memperbanyak sperma secara alami yang dapat Anda coba seperti dilansir SehatQ:

1. Menjaga berat badan ideal
Beberapa penelitian menyatakan saat Anda mengalami penurunan berat badan, jumlah sperma yang terdapat dalam air mani juga meningkat.

2. Berolahraga
Rutin berolahraga selama 16 minggu terbukti sebagai cara meningkatkan jumlah sperma yang efektif. Untuk mendapatkan manfaat ini, lakukan olahraga dengan intensitas sedang (misalnya aerobik) sedikitnya 50 menit sebanyak 3 kali seminggu.

3. Jangan stres
Ketika Anda stres, tubuh tidak produktif dalam menghasilkan sperma.

4. Jangan merokok dan minum alkohol
Aktif merokok, apalagi dibarengi dengan konsumsi alkohol secara berlebihan, terbukti dapat mengurangi jumlah sperma.

5. Hindari konsumsi obat-obatan tertentu.
Anda bisa menghindari beberapa obat tertentu seperti jenis antibiotik, antiandrogen, antinyeri, antipsikotik, kortikosteroid, streoid anabolik, testosteron eksogenus, maupun methadone. Penghentian penggunaan obat biasanya dapat langsung menaikkan jumlah sperma Anda.

6. Minum suplemen
Konsumsi suplemen fenugreek maupun suplemen yang mengandung vitamin D dan kalsium dipercaya sebagai cara meningkatkan jumlah sperma yang ampuh.

7. Hindari polusi
Beberapa penelitian mengonfirmasi bahwa polutan di udara yang berasal dari asap kendaraan hingga asap rokok berpotensi mengurangi jumlah sperma Anda.

8. Konsumsi makanan yang mengandung zat tertentu
Anda bisa saja mengkonsumsi makaan yang kaya akan antioksidan, lemak sehat (asam lemak omega-3), asam folat, dan zinc.

9. Hindari makanan yang mengandung zat tertentu
Anda pun disarankan untuk menghindari konsumsi makanan yang mengandung lemak jahat maupun estrogen non-manusia seperti yang terkandung dalam kedelai.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker