Komandan IRGC: Iran Akan Balas Setiap Rencana AS

Abadikini.com, TEHERAN – Ketegangan antara Teheran dan Washington terus meningkat di tengah klaim Amerika Serikat (AS) menuding keterlibatan Iran dalam serangan pekan lalu terhadap kilang minyak Arab Saudi.

Setiap rencana AS melawan Iran akan menemui pembalasan. Hal itu dikatakan oleh seorang komandan utama Garda Revolusi Iran (IRGC) Mayjen Yahya Rahim Safavi.

“Jika orang Amerika memikirkan plot apa pun, negara Iran akan merespons dari Mediterania, ke Laut Merah dan ke Samudera Hindia,” kata Safavi seperti dikutip dari Sputnik, Jumat (20/9/2019).

Menurut Safavi, setiap tindakan anti Iran akan mengubah wilayah Timur Tengah. Ia lantas menggarisbawahi bahwa kebijakan Teheran bertujuan untuk menciptakan perdamaian dan keamanan yang abadi di wilayah tersebut.

Sabtu lalu, dua pabrik minyak Aramco milik Arab Saudi menjadi sasaran serangan drone, mengakibatkan kebakaran pada fasilitas tersebut dan melumpuhkan produksi minyak mentah harian negara itu. Kelompok Houthi Yaman segera mengklaim bertanggung jawab atas serangan itu.

Meskipun demikian, AS dan Arab Saudi menyalahkan Iran atas insiden tersebut.

Teheran menolak keras dugaan keterlibatannya dalam serangan terhadap kilang minyak Saudi. Teheran menyebut tuduhan itu tidak dapat diterima dan sepenuhnya tidak berdasar.

Sumber Berita
Sindonews
Topik Berita

Baca Juga

Back to top button
Close