Gubernur Sulsel Instruksikan Kadishut Tangkap Pelaku Pembakaran Hutan

Abadikini.com, MAKASSAR – Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah mengintruksikan Kepala Dinas Kehutanan (Kadishut) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan segera menangkap pelaku pembakaran hutan di Sulsel berkerjasama dengan aparatur keamanan setempat.

Guru besar fakultas Kehutanan Unhas Makassar ini menegaskan agar Dinas terkait menindak tegas oknum yang membabat dan membakar hutan di wilayah kehutanan Sulsel.

“Tolong pak kadis, yang membakar hutan itu harus di ambil itu. Jangan pandang bulu. Coba dikoordinasikan dengan kepolisian setempat,” tegas mantan Bupati Bantaeng dua periode itu, pada acara FGD Penanganan Banjir dan Longsor Bersama Prof Kubota, di Gedung Rektorat Unhas Makassar, Jumat (20/9).

Menurut, Nurdin Abdullah tidak boleh lagi masyarakat membakar dan menebang pohon sembarangan, karena akan merusak unsur hara tanah bila terus-menerus dibakar.

“Pokonya tidak boleh masyarakat berlaku semena-mena terhadap lahan. Bayangkan ada masyarakat yang membakar kayu jati untuk jadikan lahan pertanian,” ungkap mantan Sekjen Apkasi Indonesia ini.

Selain itu, Nurdin Abdullah juga meminta seluruh elemen untuk menjaga hutan dan lahan agar tidak ada bendungan yang kekeringan dan tidak ada air saat musim kemarau seperti saat ini.

“Kita harus menjaga juga bendungan yang kita punya dan juga harus diperhatikan juga dengan baik,” pungkasnya.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker