Akibat Kabut Asap Karhutla, Warga Malaysia Kena Penyakit Radang Mata

Abadikini.com, JAKARTA – Kementerian Kesehatan Malaysia menyatakan jumlah warga yang mengalami infeksi mata akibat terpapar kabut asap dari wilayah setempat dan Indonesia meningkat 20 sampai 30 persen. Selain itu, jumlah masyarakat setempat yang mengalami radang saluran pernapasan akibat kabut asap juga bertambah.

“Kami terus memantau tiga penyakit: konjungtivitis (radang selaput bola mata), infeksi saluran pernapasan, dan asma. Kami mencatat ada kenaikan 20 sampai 30 persen pasien yang mengalami kondisi tersebut,” kata Menteri Kesehatan Malaysia, Datuk Seri Dzulkefly Ahmad di Putrajaya, seperti dilansir MalayMail, Selasa (17/9).

Kepala Badan Pakar Mata Kementerian Kesehatan Malaysia, dr. Nor Fariza Ngah, menyatakan terlihat ada benang merah antara pasien penyakit mata dan yang mengalami infeksi saluran pernapasan dan asma. Pemicunya adalah terpapar kabut asap.

Menurut Fariza yang membuka praktik di Rumah Sakit Shah Alam, setiap hari dia menangani 40 pasien yang mengalami infeksi mata akibat terpapar kabut asap. Usianya bervariasi dari mulai anak-anak hingga orang dewasa.

Pemerintah Malaysia kembali menutup 145 sekolah di Selangor karena kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan di kawasan kian parah.

Departemen Pendidikan Selangor menyatakan bahwa dari keseluruhan sekolah tersebut, 23 di antaranya berada di Sepang, 36 di Hulu Langat, 21 di Kuala Langat, 27 di Klang, dan 38 di Petaling Perdana.

Keputusan ini diambil setelah Kementerian Lingkungan Hidup Malaysia melaporkan bahwa Indeks Polusi Udara (API) di sejumlah daerah di Selangor mencapai tingkat tidak sehat dan sangat tidak sehat.

Sumber Berita
CNN

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker