Selamat, Timnas Indonesia U-16 Sukses Babat Filipina 4-0

Abadikini.com, JAKARTA – Timnas Indonesia U-16 memulai laga Kualifikasi Piala Asia U-16 2020 dengan meraih  kemenangan besar setelah membabat habis Filipina dengan skor 4-0 di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Senin (16/9/2020).

Dilansir dari Suara, Pada pertandingan Grup G ini, Indonesia sukses meraih tiga poin setelah Ahmad Athallah Araihan membuka gol di babak pertama. Tiga gol lainnya masing- masing dicetak Marselino Ferdinan, Alfin Lestaluhu dan Wahyu Agong di babak kedua.

Hasil ini menjadi awal yang baik bagi skuat besutan Bima Sakti di pertandingan pertamanya di Grup G dan tiga poin ini menjadi modal untuk menghadapi laga selanjutnya di Kualifikasi Piala Asia U-16 2020.

Jalannya Pertandingan

Dengan formasi 4-3-3, Timnas Indonesia U-16 langsung menekan di awal pertandingan. Namun ancaman pertama lebih dulu dilakukan Filipina lewat sebuah serangan balik namun dengan mudah diamankan kiper I Made Putra Kaicen.

Indonesia mencoba membangun serangan lewat serangan sayap dari Raka Cahyana namun masih belum membuahkan hasil. Skuat Garuda Asia masih mencoba menguasai bola usaha Alexandro Felix masih dapat diredam pemain belakang Filipina.

Sebuah ancaman dilakukan oleh pemain Indonesia namun tembakan kaki kiri Elvateeh Varesia masih dapat digagalkan oleh kiper Filipina Emmanuel Martin di menit ke-8.

Skuat Garuda Asia masih terus mencoba membuka serangan ke pertahanan Filipina tapi belum membuahkan hasil. Ahmad Athallah sempat menyundul bola ke depan gawang tapi masih melambung.

Peluang kembali dimiliki oleh Timnas Indonesia U-16. Sayang sepakan kaki kiri Muhammad Valeron dari luar kotak penalti masih cukup tinggi di menit ke-15.

Pertandingan sempat terhenti sejenak setelah kiper Filipina Emmanuel Martin mendapatkan perawatan karena cedera. Akhirnya Martin digantikan oleh De Sola di menit ke-18.

Timnas Indonesia U-16 kembali melanjutkan tekanannya. Sebuah ancaman dilakukan oleh Raka Cahyana masih dapat diamankan oleh De Sola di menit ke-19.

Lagi ancaman datang dari Indonesia namun sundulan Ahmad Athallah menyambut sebuah crossing masih melebar di samping gawang Filipina di menit ke-20.

Timnas Indonesia U-16 masih terus mencoba menekan pertahanan lawan, sementara Filipina mencoba membalas lewat serangan balik yang cepat

Pada menit ke-27 kembali sundulan Ahmad Athallah masih melenceng dari sasaran. Sementara crossing dari Raka Cahyana masih dengan mudah diamankan kiper De Sola.

Namun Filipina sempat mencetak gol di menit ke-33 setelah berawal dari sepak pojok namun hakim garis telah mengangkat bendera karena ada pemain yang offside.

Timnas Indonesia kembali melakukan serangan. Akhirnya Indonesia unggul 1-0 lewat sepakan kaki kanan Ahmad Athallah dari luar kotak penalti di menit ke-36.

Memimpin 1-0, Timnas Indonesia U-16 masih melanjutkan tekanannya ke gawang Filipina namun peluang dimiliki Athallah dan Raka masih gagal mengubah skor.

Hingga turun minum skor tetap bertahan 1-0 bagi keunggulan Timnas Indonesia U-16 atas Filipina.

Di babak kedua, kembali Indonesia melakukan inisiatif serangan. Hasilnya, Marselino Ferdinan langsung menjebol gawang Filipina lewat sepakan kaki kanannya memanfaatkan umpan Resa Aditya di menit ke-46.

Gol Marselino membuat Indonesia unggul 2-0 atas Filipina. Skuat besutan Bima Sakti ini masih terus menekan pertahanan Filipina di awal pertandingan.

Di menit ke-52, Timnas Indonesia U-16 sudah berhasil unggul 3-0 lewat sepakan kaki kanan Alfin Lestaluhu dari sudut sempit masuk ke gawang Filipina.

Pelatih Bima Sakti langsung melakukan pergantian pemain dengan menarik Elvateeh Varesia dan memasukan Faisal Syaifulloh. Timnas Indonesia masih melanjutkan tekanannya.

Sementara Athallah juga harus ditarik keluar karena cedera. Indonesia masih melanjutkan tekanannya namun peluang Marselino di menit ke-64 masih dapat ditepis De Sola.

Permainan Indonesia lebih bervariasi melakukan tekanan pertahanan Filipina. Marselino kembali mengancam namun sepakannya hanya mengenai samping jala gawang Filipina.

Timnas Indonesia memperbesar keunggulan menjadi 4-0 lewat gol Wahyu Agong memanfaatkan kemelut di depan gawang dengan sepakan kaki kanannya di menit ke-77.

Ancaman masih terus dilakukan oleh para pemain Indonesia namun tidak ada gol tambahan lagi di sisa pertandingan. Pertandingan pun berakhir dengan kemenangan telak Timnas Indonesia U-16 dengan skor 4-0 atas Filipina.

Susunan Pemain :

Timnas Indonesia U-16 XI (4-3-3): I Made Putra Kaicen; Alfin Lestaluhu, Kadek Arel, Marcell Januar, Alexandro Felix; Resa Aditya, Muhammad Valeron, Marselino Ferdinan; Elvateeh Varesia, Raka Cahyana, Ahmad Athallah.

Pelatih: Bima Sakti

Filipina U-16 XI (3-5-2): Emmanuel Martin; Zachary Taningco, David Nicolo, Eugene Tillor; Mark Davidas, Sam Rudolfo Taylor, Kamil Jaser Amirul, Arun Jr, Enzo Courbet; Simon Andrei Del Campo, Uriel Dalapo.

Pelatih: Roxy Dorlas

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker