IDNCG Gelar Latihan Teknik Fotografi Pemotretan dari Udara

Abadikini.com, JAKARTA – Guna mempertajam kemampuan interpretasi atas foto udara yang akan diolah sebagai data intelijen, sejumlah awak pesawat dan personel yang terlibat dalam operasi udara maritim mengikuti Pelatihan Teknik Fotografi Pemotretan Dari Udara yang digelar Bakamla RI/Indonesian Coast Guard (IDNCG), di kantor Bakamla RI Rawamangun, Jl. Pemuda Kav. 52 Jakarta Timur, Senin (9/9/19).

Materi dari latihan yang akan berlangsung 4 hari  ini, para peserta akan mendapatkan beberapa materi penting tentang teknik fotografi, pemotretan udara dan interpretasi foto udara serta dilanjutkan praktikum di kelas.

“Teknik fotografi pemotretan udara dan interpretasi foto udara berguna dalam menafsirkan penampakan obyek untuk diolah menjadi informasi intelijen yang dapat digunakan sebagai dasar perencanaan latihan maupun operasi”, ujar Direktur Latihan Bakamla RI Laksma Bakamla Yeheskiel Katiandagho, S.E., M.M., saat membuka kegiatan pelatihan tersebut.

Sesuai amanat dalam Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2014 tentang Kelautan, dan Peraturan Presiden Nomor 178 tahun 2014 tentang Bakamla, menyebutkan Bakamla RI bertugas untuk melaksanakan patroli keamanan dan keselamatan di perairan Indonesia dan yurisdiksi Indonesia,  termasuk didalamnya yaitu melaksanakan operasi udara maritim dibidang keamanan dan keselamatan laut.

Dalam pelaksanaan operasi laut tidak terlepas dari dukungan operasi udara maritim, dan salah satu keberhasilan operasi udara adalah kemampuan untuk menyediakan data pantauan dalam bentuk foto udara, baik secara vertikal maupun dari sudut tertentu (oblique) dalam rangka menunjang kegiatan latihan maupun operasi.

Kegiatan latihan ini dihadiri Direktur Udara Maritim Laksma Bakamla Guntur Wahyudi, Kasubdit Garlat Kolonel Bakamla Jukiman Situmorang, Kasubdit Renlat Kolonel Bakamla Irwan Sobirin, Kasubdit Duklat Kolonel Bakamla Hotma I.D.P Sirait, narasumber Kolonel Laut (P) Imam Musani dari Dirdik Seskoal dan Mayor Laut (P) Aries Topan serta puluhan peserta latihan.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker