Bakamla RI Uji Coba Kapal Patroli Baru di Perairan Batam

Abadikini.com, BATAM – Kepala Bakamla RI/Indonesian Coast Guard (IDNCG) Laksdya Bakamla A. Taufiq R., memimpin uji coba (sea trial) terhadap kapal patroli baru bernama KN Pulau Nipah-321 yang merupakan karya anak bangsa, di wilayah perairan Batam, Kamis (5/9/2019).

KN Pulau Nipah 321 yang dikomandani oleh Letkol Bakamla Andris Benhard M. Simaremare, M.Tr.Hanla., bertolak dari dermaga galangan penyedia untuk melakukan sea trial. Adapun kegiatan tersebut dimaksudkan untuk mengecek kesiapan dan kelayakan kapal patroli Bakamla RI dengan panjang 80 Meter ini, sekaligus melengkapi kekuatan Bakamla RI dalam mengemban tugasnya melakukan patroli keamanan dan keselamatan di wilayah perairan Indonesia dan wilayah yurisdiksi Indonesia.

Kurang lebih selama 4 jam kapal dicoba dengan pengecekan performa mesin dan steering gear. Selain itu juga terdapat pengujian alat navigasi. Kemudian pengujian nautis (nautical test) yang meliputi percobaan kecepatan dan maneuvering seperti turning circle test, zig-zag test, spiral test, olah gerak menghindar test, putaran Williamson test, jarak henti test, mundur penuh test dan auto pilot test yang disesuaikan dengan syarat klas uji dari Registro Italiano Navale (RINA) dan Dinas Kelaikan Material Angkatan Laut (Dislaikmatal). Disela-sela pelaksanaan sea trial juga dilaksanakan latihan peran orang jatuh di laut.

Sehari sebelumnya juga sudah dilaksanakan sea trial oleh Dislaikmatal dengan melakukan pengujian vibrasi engine, diesel generator, uji water Canon, uji emergency steering, manuver kapal dan uji perlengkapan kapal yaitu sekoci.

Kapal Patroli ini berspesifikasi panjang 80 meter, lebar 7.90 meter, tinggi 14.4 meter,  kecepatan hingga mencapai 22 knot dan memiliki mesin penggerak 2 unit MAN/2862LE433. Konstruksi kapal baru ini terbuat bahan baja. Kapal diawaki 34 ABK Bakamla RI yang telah lulus dari pelatihan pendidikan militer di Batalyon 10 Marinir Setokok Batam.

Dalam kegiatan sea trial KN Pulau Nipah 321 ini turut mendampingi Kepala Bakamla RI yaitu Kepala Biro Sarpras Laksma Bakamla Amrein, S.E.,Kepala kantor Zona Maritim Barat Laksma Bakamla Eko Murwanto, S.Sos, Kabag Distribusi dan Pemeliharaan Sarpras Kolonel Bakamla Ir. Heri Kustono, Staf TU Kepala Bakamla Mayor Bakamla Lisa dan Direktur Utama PT. Citra Shipyard Mr.Jovan.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker