Trending Topik

Masukan Eggi Sudjana ke Jokowi: Harusnya Presiden Terjunkan Kopassus Atasi Konflik Papua

Abadikini.com, JAKARTA – Eggi Sudjana menyarankan Presiden Jokowi selaku panglima dari TNI-Polri untuk memerintahkan Komando Pasukan Khusus (Kopassus) terjun mengatasi kerusuhan di Papua.

Menurutnya negara tidak boleh menunda berlarut-larut soal kondisi yang terjadi di bumi cendrawasih, jika tak mau Papua kembali bergejolak hebat.

“Secara objektif hukum tata negara itu menempatkan presiden panglima dari TNI-Polri. Konsekuensi hukum dari panglima mestinya memerintahkan Kopassus mengatasi kerusuhan itu. (Dari sisi) hukum tata negara yang saya bidangi harusnya Presiden perintahkan Kopassus atau melalui panglima TNI untuk segera atasi,” ungkap Eggi saat ditemui di kawasan Matraman, Jakarta Timur, seperti dikutip Abadikini dari Tribunn, Selasa (3/9/2019).

Eggi menilai, bila berkaitan dengan hukum Indonesia, apalagi peristiwa tersebut tergolong model separatis, maka seharusnya Kopassus yang pertama kali dikerahkan.

Ditambah, Kopassus ia sebut merupakan unit militer yang punya kemampuan mumpuni dan telah diakui dunia.

“Karena protap dalam hukum Indonesia kalau ada model separatis kaya begitu harus Kopassus bukan yang lain” jelas dia.

Ia meminta kepada Presiden Jokowi agar serius menyelesaikan dan mencari solusi terbaik terhadap kerusuhan di Papua.

Soal perkara bila penurunan Kopassus dikhawatirkan bisa melanggar HAM, Eggi menerangkan peristiwa yang terjadi di Papua pun berakibat pada jatuhnya korban jiwa hingga meninggal dunia.

“Ada orang yang sedang melanggar HAM, polisinya di bunuh, TNI nya di bunuh, itu melanggar HAM nggak? Melanggar dong,” ujar dia.

Topik Berita

Baca Juga

Back to top button
Close