Langkah Jokowi soal Konflik Papua Dinilai Sudah Tepat

Abadikini.com, JAKARTA– Anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi Partai Nasdem Supiadin Aries Saputra menyebut langkah pemerintah sudah tepat dalam menangani persoalan di Provinsi Papua dan Papua Barat yang belakangan bergejolak.

Menurut dia, pemerintah dalam hal ini Presiden Joko Widodo telah mengkaji dan mengetahui langkah apa yang harus diambil.

“Keputusan Presiden agar penyelesaian masalah Papua dilakukan dengan persuasif, sudah benar. Dengan konsep persuasif di dalamnya tentu ada pendekatan hukum, pendekatan kultur, dan komunikasi dengan semua pihak,” ungkap Supiadin, seperti dikutip dari laman Okezone, Senin (2/9/2019).

Dalam menangani persoalan di Papua, lanjut dia, tentu pemerintah tidak sembarangan, sehingga pendekatan yang dilakukan secara kontekstual sesuai situasi yang dihadapi dengan tujuan agar masalahnya bisa cepat selesai.

Di samping itu, sambung Supiadin, selama ini pemerintah juga sudah secara rutin melakukan kajian dan dialog dengan masyarakat Papua. Maka itu, ia meminta pejabat di daerah melakukan hal yang sama dengan pemerintah pusat agar tercipta suasana baik.

“Kalau saya lihat kinerja Presiden Joko Widodo, Beliau sangat intensif melakukan dialog dengan masyarakat Papua, dan merupakan presiden yang paling sering berkunjung ke Papua dibanding presiden-presiden sebelumnya,” ungkap Supiadin.

Topik Berita

Baca Juga

Back to top button
Close