Sunarso Ditunjuk Jadi Pelaksana Tugas Dirut BRI

Abadikini.com, JAKARTA – Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menunjuk Wakil Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) Sunarso menjadi pelaksana tugas direktur utama (Plt dirut) BRI per Jumat, 30 Agustus 2019, menggantikan Suprajarto yang sebelumnya ditunjuk menjadi direktur utama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) pada 29 Agustus 2019.

“Tadi pagi ada juga dewan komisaris BRI minta kami supaya ada surat dari kami menunjuk plt dirut. Per hari ini Plt Dirut BRI Pak Sunarso,” ucap Deputi Bidang Usaha Jasa Keuangan, Jasa Survei, dan Jasa Konsultan Kementerian BUMN, Gatot Trihargo, di Jakarta, Jumat (30/8/2019).

Gatot menjelaskan, penunjukkan Sunarso menjadi plt direktur utama BRI karena jika terjadi pergantian terhadap direktur utama, dan perusahaan tersebut memiliki wakil direktur utama, maka otomatis wakil direktur utama yang akan menggantikan tugas direktur utamanya.

“Kalau plt itu kan karena punya (wakil dirut), jadi Pak Sunarso yang menjadi plt karena dia wakil direktur utama BRI. Kalau tidak punya wakil seperti BTN yang jadi plh (pelaksana harian) dirut adalah yang paling lama menjabat sebagai direksi,” terang Gatot.

Gatot menambahkan, BRI akan menggelar RUPSLB pada Senin (2/9/2019). Adapun, salah satu agendanya adalah perubahan susunan direksi BRI untuk mencari pengganti Suprajarto.

Gatot mengakui, Kementerian BUMN belum mengusulkan nama baru untuk menjadi direktur utama BRI. Yang pasti, Gatot menyebutkan, siapa pun bisa menggantikan Suprajarto asalkan dengan izin Presiden Joko Widodo (Jokowi), termasuk Sunarso yang saat ini ditunjuk menjadi plt dirut.

“Saya belum tahu besok, tapi siapapun bisa diangkat (menjadi dirut BRI) jika sudah ditunjuk Bu Rini Soemarno (Menteri BUMN) tapi tetap harus membuat surat dulu ke Presiden untuk disetujui,” tutup Gatot.

Sumber Berita
Investor Daily

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker