Harga Cabai Rp120 Ribu Kg, Bantaeng Bakal Pasok Hasil Pertanian ke Samarinda 

Abadikini.com, BANTAENG – Ini kabar baik untuk petani yang ada di Bantaeng. Pemerintah Kota Samarinda menjajaki kerja sama jual beli hasil pertanian dengan Pemkab Bantaeng. Dengan begitu, hasil pertanian dari Bantaeng akan dibeli dengan harga yang mahal oleh Pemkot Samarinda.

Hal itu tertuang dalam penandatangan perjanjian kerja sama antara Dinas Ketahanan Pangan Kota Samarinda dengan Dinas Pertanian Kabupaten Bantaeng. Kerja sama itu tertuang dalam petikan MoU tentang Pemenuhan Pasokan, Distribusi dan Kualitas Bahan Pangan Segar serta Peningkatan Nilai Tukar Petani (NTP).

MoU itu ditandatangani oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Samarinda, Marwansyah, dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bantaeng, Rahmania yang juga merupakan Plt. Dinas Pertanian Bantaeng. Proses penandatanganan kerja sama itu disaksikan oleh Wakil Bupati Bantaeng, Sahabuddin di Ruang Pola Kantor Bupati Bantaeng, Jumat, 30 Agustus 2019, Pagi.

Kadis Ketahanan Pangan Kota Samarinda, Marwansyah pada kesempatan itu menyampaikan harapan agar produksi pangan Kabupaten Bantaeng bisa masuk ke Kota Samarinda. Dia berharap, dengan perjanjian kerja sama itu, masyarakat Samarinda bisa menikmati pangan dengan harga yang lebih murah.

“Mengingat harga terendah cabai di Samarinda mencapai Rp 120 ribu per kilogram. Itupun masih menjadi rebutan,” ujarnya.

Wakil Bupati Bantaeng, H Sahabuddin mengatakan bahwa Bantaeng tentu akan memperoleh sejumlah keuntungan melalui kesepakatan ini. Terkhusus dalam hal peningkatan kesejahteraan para petani.

“Ini adalah salah satu bentuk komitmen Pemerintah Daerah yang serius ingin mengurus kehidupan masyarakat. Kami akan terus mendorong dan membuka ruang terkait apapun itu yang akan membawa kebaikan dan kesejahteraan bagi masyarakat,” jelas dia.

Disebutkan bahwa rombongan Pemerintah Kota Samarinda selanjutnya akan melakukan kunjungan ke beberapa kebun milik petani di Bantaeng. Kunjungan itu juga sekaligus menikmati beberapa wisata alam yang ada di Bantaeng.

Baca Juga

Back to top button