Wasit Asal Liga Inggris Ini Tolak Pantau Monitor VAR

Abadikini.com, JAKARTA – Wasit Liga Inggris menolak terlibat memeriksa monitor VAR (video assistant referee) karena dinilai bisa menghambat jalannya pertandingan.

Baru-baru ini penggunaan VAR di Liga Inggris mendapat kritik pedas karena tak memberikan hadiah penalti untuk Manchester City dan Tottenham Hotspur.

Sejak awal kompetisi dimulai, wasit tak pernah meninjau kembali insiden kontroversial lewat VAR. Alhasil, VAR juga tak dapat membatalkan keputusan wasit.

Asosiasi wasit Inggris, PGMOL tegaskan tak akan terburu-buru untuk mengambil tindakan atas kejadian ini. Pihak wasit kini masih akan mendukung keputusan untuk menggunakan VAR.

Dilansir dari Daily Mail via CNN, seorang sumber mengatakan bahwa PGMOL lebih terbuka pada sistem yang telah disepakati setiap pemegang saham dan pihak klub yang menginginkan VAR terlibat di Liga Inggris.

Namun, penggunaan sistem VAR sendiri dinilai telah merugikan banyak pihak. Hal ini pun dirasakan City dan Spurs yang harus menerima sial berkat drama VAR.

Wasit Liga Inggris tak mau jalannya pertandingan terhambat jika ikut memeriksa VAR. (AP Photo/Rui Vieira)

The Citizens tampil gemilang ketika berhasil mengalahkan Bournemouth dengan skor 3-1 pada pekan ketiga Liga Inggris. City sebenarnya mampu menutup kemenangan dengan margin kemenangan lebih besar.

Pasalnya David Silva dijatuhkan oleh pemain Bournemouth di kotak terlarang, namun luput dari perhatian wasit Andre Marriner. Ketika dilihat dalam VAR, hal tersebut tak termasuk dalam pelanggaran, padahal banyak menilai bahwa hal tersebut merupakan sebuah pelanggaran dan City berhak atas hadiah penalti.

Spurs juga mengalami hal yang serupa. Finalis Liga Champions tersebut heran tidak dihadiahi tendangan penalti, ketika Harry Kane tersungkur di kotak penalti karena dijegal pemain Newcastle, Jamaal Lascelles.

Kerugian yang diterima klub membuat sejumlah pejabat ingin para wasit turut andil dalam memonitor VAR. Namun hal tersebut ditolak oleh ketua wasit Liga Inggris dan menyarankan untuk tetap mendukung keputusan wasit.

Kolumnis Daily Mail dan mantan wasit Premier League, Mark Clattenburg, mengatakan bahwa seharusnya wasit di lapangan harus ikut andil memonitor VAR.

“Kekhawatiran utama adalah bahwa wasit di lapangan tidak mendapat kesempatan lain untuk melihat insiden dalam sudut pandang subjektif,” kata Clattenburg.

Clattenburg juga menilai bahwa alasan wasit tidak ingin ikut terlibat melihat VAR karena mereka khawatir akan menghambat jalannya pertandingan.

Editor
Novel D

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker