Begini Jadinya Jika Minum Dari Botol Plastik Yang Tak Diganti

Abadikini.com – Padatnya rutinitas yang dijalankan setiap harinya di negara beriklim tropis seperti Indonesia membuat banyak orang yang membeli minuman dalam Botol plastik. Alasanya karena simpel dan mudah dibawa. Selain itu, terkadang botol plastik kemasan itu untuk diisi ulang esok harinya.

Tapi perlu Anda ketahui soal baik buruknya minum dalam kemasan Botol plastik. Apalagi botol plastik tersebut tidak pernah diganti atau dipakai berulang kali. Dalam laman Independent, disebutkan bahwa kebiasaan mengisi ulang air pada botol plastik bekas hingga berkali-kali akan membuat partikel bahan kimia yang menyusun botol tersebut bisa terlepas dan akhirnya tercampur dengan air yang akan Anda konsumsi.

Adanya partikel bahan kimia ini membuat bakteri di dalam air akan berkembang biak dan jumlahnya akan berlipat ganda. Meskipun Anda selalu mencuci botol ini dengan sabun, tetap saja partikel bahan kimia dan bakteri ini akan ada dalam air minum.

Dalam sebuah peneltiian yang dilakukan oleh Treadmill Revies, disebutkan bahwa botol plastik yang digunakan berulang kali oleh para atlit selama satu pekan ternyata memiliki jumlah bakteri yang luar biasa, yakni 900 ribu koloni untuk setiap sentimeter persegi.

Keamanan botol plastik memang bervariasi, tergantung pada jenis plastik yang digunakan. Produk yang berkualitas rendah mungkin akan menimbulkan masalah kesehatan serius seperti kanker. Melansir lamam Boldsky, paparan bahan kimia yang meniru hormon seperti estrogen akan mengganggu masa pubertas. Selain itu, juga dapat meningkatkan lemak tubuh dan memengaruhi sistem saraf.

Minuman dalam kemasan botol plastik yang berkualitas rendah juga tentu dapat memengaruhi sistem kekebalan tubuh secara negatif. BPA dapat memengaruhi sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh akan terkena berbagai jenis infeksi.

Sebelum terlambat dan terkenal dampak ataupun efek samping yang ditimbulkan oleh air minum dalam botol kemasan, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menjauhkan diri dari bahaya tersebut.

Gunakan alternatif selain plastik, seperti gelas atau stainless dan sebaiknya membawa air minum sendiri dari rumah. Hindari botol yang memiliki kode daur ulang. Jika tidak ada pilihan lain, Pilih botol yang bebas BPA.

Meskipun ada air dalam kemasan yang bebas BPA atau pilihan lainnya seperti plastik sekali pakai, cara terbaik yang disarankan oleh dokter adalah menghindari air dalam kemasan botol plastik.

Saat berhenti minum air dari kemasan botol plastik, Anda tidak hanya meningkatkan kesehatan tubuh Anda, tetapi juga menghemat uang dan menyelamatkan bumi dari sampah plastik (male)

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker