5 Penyebab Rasa Mual Setelah Berhubungan Seks

Abadikini.com – Mengalami rasa mual atau ingin muntah setelah melakukan hubungan seksual mungkin jarang dirasakan oleh banyak orang. Namun bukan berarti keluhan tersebut tidak ada sama sekali.

Sebagian orang juga ada yang mengeluhkan rasa mual setelah mereka berhubungan seksual. Untuk itu Anda perlu mengetahui penyebabnya selain kehamilan.

Dilansir dari Women’s Health, berikut ini adalah beberapa alasan yang menyebabkan Anda merasa mual setelah melakukan hubungan seks:

1. Penetrasi terlalu dalam

Salah satu alasan yang paling umum merasa sakit dan kemudian mual setelah berhubungan seks adalah faktor penetrasi yang melampaui batas kenyamanan Anda.

“Penetrasi yang dalam memengaruhi organ panggul seperti rahim dan leher rahim, khususnya. Dan itu dapat menghasilkan respons vagal, yang dapat menyebabkan mual,”Erin Carey, MD, asisten profesor dan direktur divisi Bedah Ginekologi Invasif Minimal di University of North Carolina.

2. Terlalu bersemangat

Merasakan perut yang mual setelah melakukan hubungan seks bisa terjadi karena Anda terlalu bersemangat. Carey bilang, motion sickness atau mabuk kendaraan tidak hanya terjadi ketika Anda berada di mobil atau kapal, tetapi juga ketika Anda melakukan berbagai gerakan berlebihan dan saling berhadapan tanpa jeda.

3. Orgasme

Orgasme bisa menjadi alasan penyebab ketidaknyamanan yang Anda rasakan. Rahim akan berkontraksi selama orgasme, dan itu dapat menciptakan respons mendalam yang membuat Anda merasa tidak nyaman.

“Bagi beberapa orang, kontraksi dapat terasa sangat menyakitkan sehingga menyebabkan mual ringan,” jelas Carey.

4. Fibroid atau kista ovarium

Seks mungkin mengiritasi kista ovarium, menabrak fibroid, atau menabrak sesuatu yang tidak Anda harapkan ada di sana. Dan, ini dapat menyebabkan gangguan pada organ panggul Anda (sama seperti penetrasi yang dalam) dapat menyebabkan mual, selain sejumlah gejala lainnya.

5. Respons emosional

Jika Anda berada dalam hubungan yang kasar atau tidak sehat, itu juga menjadi salah satu penyebab rasa mual hadir. Sebab menurut Carey, hubungan antara pikiran dan tubuh memungkinkan Anda untuk merasa mual selama dan setelah berhubungan intim dengan pasangan Anda.

Atau jika Anda tidak memiliki masalah dengan pasangan Anda, trauma dari hubungan masa lalu mungkin membawa kembali emosi saat berhubungan seks dengan pasangan baru Anda. Alhasil, tidak ada kenyamanan secara fisik yang Anda dapatkan ketika saat dan setelah berhubungan seks.

Editor
Sulasmi
Sumber Berita
Medcom
Topik Berita

Baca Juga

Back to top button
Close