Jokowi: Ibu Kota Baru yang Idela di Sebagian Penajam Paser Utara dan Kutai Kertanegara

Abadikini.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan lokasi ibu kota baru pengganti Jakarta. Ibu Kota negara tersebut akan berada di Kalimtan Timur (Kaltim).

“Lokasi ibu kota baru yang paling ideal adalah di sebagian Kabupaten Penajam Pasar Utara dan sebagian di Kabupaten Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur (Kaltim),” katanya di Istana Negara, Jakarta, Senin (26/8/2019).

Terkait Pembiayaan, Jokowi menjelaskan bahwa biaya untuk memindahkan ibu kota dari jakarta ke Pulau Kalimantan mencapai RP 466 triliun.

“Sebesar 19 persen akan berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) terutama dengan skema kerja sama pengelolaan aset di ibu kota,” jelasnya

Sedangkan sisanya akan didapat dari Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) serta investasi langsung swasta dengan Badan Usaha Milik negara (BUMN).

Saat pengumuman lokasi Ibu Kota Baru, Presiden Joko Widodo didampingi Wapres Jusuf Kalla, Kepala Bappenas Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro, Mendagri Tjahjo Kumolo, Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Siti Nurbaya, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Menteri Agraria dan Tata Ruang Indonesia, dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Kaltim Isran Noor.

Editor
M Saleh
Topik Berita

Baca Juga

Back to top button