Trending Topik

Alasan Jokowi Kenapa Ibu Kota Harus Pindah ke Kutai Kartenegara dan Tidak di Pulau Jawa

Abadikini.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjawab berbagai pertanyaan kenapa ibu kota harus pindah. Ibu kota akhirnya dipindahkan dari DKI Jakarta yang terletak di Pulau Jawa ke Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara di Kalimantan Timur (Kaltim) yang terletak di Pulau Kalimantan.

Menurut Jokowi, beban Jakarta saat ini sudah terlalu berat sebagai pusat pemerintahan, pusat bisnis, pusat keuangan, pusat perdagangan, dan pusat jasa. Terlebih lagi, di Jakarta juga memiliki bandar udara dan pelabuhan laut yang terbesar di Indonesia.

Jokowi menambahkan, kemudian beban pulau Jawa yang semakin berat dengan penduduk 150 juta atau 54% dari total penduduk Indonesia dan 58% PDB ekonomi Indonesia ada di pulau Jawa. Dan pulau Jawa sebagai sumber ketahanan pangan.

“Beban ini akan semakin berat bila ibu kota pindah ke pulau Jawa,” kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Senin (26/8/2019).

Jokowi mengungkapkan, pembangunan ibu kota baru bukan satu-satunya upaya pemerintah kurangi kesenjangan pulau Jawa dan luar Jawa.

“Karena selain itu pemerintah akan bangun industrialisasi berbasis hilirisasi sumber daya alam,” katanya.

Editor
Tonny F
Topik Berita

Baca Juga

Back to top button