Mantan Panglima Laskar Jihad Ustadz Ja’far Umar Thalib Meninggal Dunia

Abadikini.com, JAKARTA – Mantan Panglima Laskar Jihad Ustadz Ja’far Umar Thalib meninggal dunia akibat serangan jantung pada hari ini, Ahad (25/8). Jafar meninggal dunia saat dirawat di Rumah Sakit Jantung Harapan Kita, Jakarta.

“Innalillahi wainnailaihirojiun, telah berpulang ke rahmatullah Ustadz Jafar Umar Thalib di Rumah Sakit Jantung Harapan Kita, semoga husnulkhatimah,” kata kuasa hukum Jafar, Achmad Michdan, kepada wartawan, Ahad (25/8/2019).

Sebelumnya diketahui, Ustadz Jafar divonis 5 bulan penjara terkait kasus kekerasan oleh Pengadilan Negeri Makassar, Sulawesi Selatan. Ustadz Jafar dinyatakan melanggar Pasal 170 ayat 1 KUHP.

Kasus Ustadz Jafar berawal saat Henock Niki (41) memutar musik rohani dengan volume keras di rumahnya di Jalan Protokol Koya Barat, Distrik Muara Tami, Jayapura, Rabu, 27 Februari 2019. Tiba-tiba Henock dikagetkan tujuh orang yang datang ke rumahnya. Tujuh orang itu, termasuk Jafar Umar Thalib, menegur Henock karena telah mengganggu ibadah di masjid.

Polisi mengatakan Ustadz Jafar diduga memerintahkan dua santrinya, yakni AJU (20) dan S (42), memakai samurai miliknya untuk memotong kabel dan sound system di rumah korban. Dua samurai itu turut diamankan.

Persidangan Ustadz Jafar sendiri diputuskan digelar di Makassar dengan alasan keamanan.

Ustadz Ja’far lahir di Malang, Jawa Timur pada 29 Desember 1961 silam. Ia merupana pendiri pesantren Ihya As Sunnah di Dusun Degolan, Sleman, Yogyakarta.

Editor
M Saleh
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker