DPR akan Panggil Kapolri dan Panglima TNI Bahas Rusuh Papua

Abadikini.com, JAKARTA – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Bambang Soesatyo mengatakan pihaknya bakal memanggil Panglima TNI Hadi Marsekal Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Tito Karnavian guna membahas soal kisruh yang tengah terjadi di tanah Papua.

Pria yang akrab disapa Bamsoet itu mengatakan keduanya bakal dipanggil untuk membahas soal penyelesaian masalah yang terjadi di sana.

“Pasti saya mendapat laporan bahwa Komisi III dan Komisi I akan meminta penjelasan baik dari Panglima TNI maupun Kapolri intinya adalah yang ingin diketahui DPR bagaimana ujung penyelesaian daripada apa yang kita lihat kemarin,” kata Bamsoet di bilangan Jakarta Pusat, Sabtu (24/8).

Dilansir dari CNN, pembahasan dengan pihak-pihak tersebut juga terkait dengan isu rasialisme yang menjadi hulu dari kekisruhan di Papua dan Papua Barat.

Bamsoet mendorong agar perkara penghinaan dan rasialisme harus diusut tuntas. Pihaknya juga mendorong kepolisian untuk memproses hukum bila ditemukan pelanggaran dalam kasus ini.

“Iya harus diproses hukum semuanya jadi terutama soal penghinaan kalau ditemukan ada pelanggaran hukum dan pidana saya minta dan mendorong pihak kepolisian menyelesaikan tanpa pandang bulu. Jadi betul-betul penegakan hukum dilakukan secara fair,” ujarnya.

Belakangan, kondisi di sejumlah kota di Papua dan Papua Barat memanas imbas dari insiden pengepungan asrama mahasiswa Papua di Surabaya pekan lalu. Sejumlah fasilitas publik di Manokwari, Sorong, hingga Fakfak dibakar.

Khusus di Manokwari, Papua Barat, sejumlah bangunan dibakar pada Senin (18/8). Sejumlah kendaraan juga dirusak. Masyarakat setempat menggelar aksi protes. Mereka meminta agar oknum yang melontarkan pernyataan rasialis kepada mahasiswa Papua di Surabaya diusut tuntas.

Suasana di Papua belum sepenuhnya kondusif. Termutakhir, aparat keamanan terlibat baku tembak dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Wamena, Papua. Insiden tersebut terjadi pada Jumat sekitar pukul 10.00 WIT.

Editor
Sulasmi
Topik Berita

Baca Juga

Back to top button
Close