Anies Baswedan Tegaskan Jakarta Rumah Bagi Seluruh Suku Bangsa

Abadikini.com, JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memastikan kawasan ibu kota tidak akan terpengaruh dengan kerusuhan yang terjadi pada 19 Agustus lalu di Papua. Dia yakin warga Jakarta akan tetap menjaga persatuan dan kesetaraan antar sesama bangsa.

“Kita bersyukur bahwa alhamdulillah suasana di Jakarta aman, tertib dan kota ini sudah menjadi rumah bagi seluruh suku bangsa yang ada di Indonesia,” katanya di Monas, Jakarta, Sabtu (24/8).

Dia menegaskan, Jakarta adalah tuan rumah bagi banyak suku etnis bangsa yang ada di Indonesia. Jakarta jugalah salah satu simpul utama persatuan.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menilai, masyarakat Betawi sebagai tuan rumah selalu memfasilitasi setiap warga bangsa agar merasa setara.

“Kesetaraan yang ada itu kuat sekali, dan itu kita juga rasakan. Jadi mudah-mudahan ini bisa kita jaga terus,” tutupnya.

Sebelumnya, kerusuhan pecah di Manokwari, Papua Senin, 19 Agustus 2019. Massa membakar Gedung DPRD Manokwari dan beberapa fasilitas umum. Tak hanya di Manokwari, unjuk rasa juga terjadi di Jayapura.

Kedua aksi ini ditengarai akibat kemarahan masyarakat Papua sebagai buntut dari peristiwa yang dialami mahasiswa asal Papua di Surabaya dan Malang, Jawa Timur serta Semarang Jawa Tengah beberapa waktu lalu.

Presiden Jokowi mengaku terus memantau kondisi keamanan di Papua dan Papua Barat pascakerusuhan. Mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengatakan, kondisi di dua wilayah tersebut saat ini telah kondusif.

“Tadi pagi saya telepon Pak Gubernur Mandacan (Dominggus Mandacan) di Papua Barat untuk tanyakan mengenai Manokwari seperti apa. Sudah baik, Sorong seperti apa, sudah baik,” kata Jokowi saat melakukan kunjungan kerja di Kota Kupang, Provinsi NTT, Rabu (21/8).

Editor
Selly
Sumber Berita
MDK
Topik Berita

Baca Juga

Back to top button