Donald Trump Anggap Keji Respons Denmark Soal Niatnya Beli Greenland

Abadikini.com, JAKARTA – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump, menganggap keji komentar Perdana Menteri Denmark, Mette Frederiksen, yang menyebut niatnya membeli Greenland sebagai gagasan absurd.

Baca Juga

“Saya pikir pernyataan PM (Denmark) itu keji. Itu adalah pernyataan yang tidak pantas,” tutur Trump kepada wartawan di Gedung Putih, Kamis (22/8).

Trump mengatakan alih-alih mengatakan rencananya adalah ide yang aneh, Frederiksen seharusnya cukup menuturkan bahwa negaranya tidak tertarik menjual pulau terbesar di dunia itu.

Dikutip Reuters, tak lama setelah Frederiksen menolak rencana AS membeli Greenland dan mengatakan ide tersebut aneh, Trump membatalkan rencana kunjungannya ke Denmark pada awal September mendatang.

Melalui kicauannya di Twitter, Trump juga menyinggung penolakan Frederiksen terhadap rencananya itu.

Wacana Trump ingin membeli Greenland ini muncul sejak pekan lalu. Trump membenarkan kabar bahwa dia tengah mendiskusikan kemungkinan pembelian pulau itu, meski belum menjadi prioritas.

Trump menuturkan bahwa AS telah lama membidik peluang untuk membeli Greenland. Ia menganggap rencana tersebut adalah ide yang bagus.

Beberapa hari lalu, Trump juga mengunggah sebuah foto di Twitter, menunjukkan hotel Trump Tower yang menjulang tinggi di tengah-tengah Greenland. Dalam keterangan fotonya, Trump berjanji tidak akan melakukan hal seperti itu jika berhasil membeli Greenland.

Greenland merupakan sebuah pulau di Atlantik Utara yang sebagian besar wilayahnya dilapisi es. Pulau terbesar di dunia itu merupakan wilayah otonomi yang dikontrol oleh Denmark.

Wilayah itu dianggap penting karena AS memiliki pangkalan udara di Thule yang dibangun pada tahun 1951. Pangkalan udara ini berperan penting karena memiliki Sistem Peringatan Dini Rudal Balistik.

Editor
Irwansyah
Sumber Berita
CNN

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button