Lenis Kogoya Sebut dalam Waktu Dekat Jokowi Akan Berdialog dengan Warga Papua

Abadikini.com, JAKARTA – Staf Khusus Presiden untuk Papua Lenis Kogoya akan mengajak Presiden Joko Widodo (Jokowi) berbicara langsung dengan warga Papua. Dialog langsung diharapkan meredam gejolak yang sempat terjadi di ‘Bumi Cenderawasih’.

“Mungkin dalam waktu yang tidak terlalu lama kita ajak Pak Presiden ke Papua lagi untuk berdialog, berdiskusi, dengan masyarakat Papua,” kata Lenis usai bertemu Jokowi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (20/8/2019).

Menurut dia, dialog yang direncanakan berlangsung bulan ini akan membahas sejumlah hal. Salah satunya, pembangunan Papua dan Papua Barat lima tahun ke depan.

“Mungkin harapan-harapan apa saja yang dipikirkan masyarakat Papu, kami akan minta langsung kepada Presiden,” jelas Lenis seperti dilansir Abadikini dari medcom.

Lenis telah membahas penanganan pascakerusuhan di Manokwari dan Sorong, Papua Barat, bersama Presiden. Sejumlah hal teknis dan strategi disiapkan mencegah kejadian serupa terulang.

Di sisi lain, Lenis segera bertemu Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa membahas insiden di Malang dan Surabaya. Salah satu yang akan dibahas dengan Khofifah soal nasib mahasiswa Papua di Jatim.

“Mungkin agak sore, kami akan pertemuan untuk Gubernur Jatim,” papar dia.

Kerusuhan pecah di Papua Barat, Senin, 19 Agustus 2019. Lalu lintas di sejumlah jalan di Manokwari, Papua Barat, lumpuh akibat diblokade massa. Massa memprotes pengusiran mahasiswa Papua di Malang dan Surabaya, Jawa Timur, Jumat, 16 Agustus 2019.

Massa menebang pohon dan membakar ban di jalan raya. Aparat kepolisian Polda Papua Barat dan Polres Manokwari pun turun ke jalan mengendalikan situasi.

Editor
Selly
Topik Berita

Baca Juga

Back to top button