Trending Topik

Disebut ‘Monyet’ Mahasiswa Papua Bakal Demo di Depan Istana

Abadikini.com, JAKARTA – Sejumlah mahasiswa Papua di Jakarta bakal menggelar aksi solidaritas di depan Istana Merdeka Jakarta. Aksi tersebut akan digelar sebagai respons dugaan tindak diskriminatif dan rasial terhadap mahasiswa Papua di Surabaya dan Malang, Jawa Timur.

Albert Mungguar salah satu mahasiswa yang menetap di asrama Yahukimo Papua, Jalan Batuampar, Keramat Jati, Jakarta Timur mengatakan aksi tersebut dilakukan semata-mata sebagai bentuk solidaritas sesama mahasiswa Papua.

Sebagai orang Papua, Albert mengaku tidak terima atas adanya tindak diskriminatif dan rasial yang dialami oleh saudaranya.

“Kami akan lakukan aksi, karena ini bentuk solidaritas. Karena kami disebut monyet, kami sebagai manusia kami tidak terima itu, dan kami akan melakukan aksi,” kata Albert saat ditemui di asrama Yahukimo Papua, Jalan Batuampar, Keramat Jati, Jakarta Timur, Selasa (20/8/2019).

Anggota Aliansi Mahasiswa Papua (AMP), Gideon M. Adii menambahkan, rencana aksi solidaritas itu akan digelar di depan Istana Merdeka dalam waktu dekat.

Tetapi Gideon belum belum menyebut kapan akasi akan dilakukan, sebab mereka masih melakukan koordinasi dengan teman-teman mahasiswa Papua lainnya.

“Kalau peserta aksi mungkin lebih dari 30,” kata Gideon.

Diberitakan sebelumnya, kerusuhan sempat terjadi di Manokwari danĀ Sorong, Papua Barat pada Senin (19/8/2019) kemarin.

Kerusuhan tersebut diduga merupakan buntut dari penangkapan mahasiswa Papua di Surabaya dan Malang, Jawa Timur. Massa yang berasal dari sejumlah elemen melakukan aksi menyikapi adanya tindakan rasisme terhadap mahasiswa Papua yang ditangkap di Surabaya.

Dari aksi tersebut berubah menjadi kerusuhan. Massa pun dilaporkan melakukan pembakaran terhadap kantor DPRD Papua Barat.

Dilaporkan kerusuhan pun menjalar ke wilayah lain termasuk Jayapura dan Sorong. Bahkan, massa dilaporkan membakar Lembaga Pemasyarakaan di Sorong dan perusakan di Bandara.

Editor
Hendra Jayadi
Sumber Berita
suara
Topik Berita
Back to top button
Close