Ciri-ciri Alergi Berdasarkan Intensitasnya

Abadikini.com –  Alergi merupakan salah satu hal yang bisa sangat mengganggu, baik aktivitas seseorang ataupun kehidupan sehari-hari. Namun masih banyak orang yang belum menyadari gejala atau tanda-tanda awal sebelum mereka mengalami alergi.

Beberapa orang menganggap bahwa gejala alergi tersebut bukanlah sesuatu yang serius, padahal sebenarnya alergi bisa sangat berbahaya dan bahkan bisa menyebabkan kematian meskipun pada kasus yang sedikit.

Dilansir dari Medcom, dr. Yun Istatik, Dokter Umum di RS Pondok Indah-Pondok Indah menjelaskan alergi adalah reaksi sistem kekebalan tubuh manusia terhadap benda tertentu, yang seharusnya tidak menimbulkan reaksi di tubuh orang lain.

“Reaksi tersebut dapat muncul dalam bentuk pilek,  ruam kulit yang gatal,  atau bahkan sesak napas,” terangnya.

Benda yang dapat memicu respons alergi dikenal dengan istilah alergen. Pada kebanyakan orang, alergen tidak menimbulkan reaksi pada tubuh. Namun, pada orang yang memiliki alergi terhadap alergen tersebut, sistem imun akan mengeluarkan reaksi karena dianggap berbahaya bagi tubuh.

“Gejala alergi umumnya timbul beberapa saat hingga beberapa jam setelah tubuh terpapar dengan allergen,” ujar dr. Yun Istatik.

Beberapa gejala alergi yang cukup sering ditemui menurut dr. Yun Istatik diantaranya adalah:

1. Bengkak pada bagian tubuh yang terpapar dengan alergen, misalnya pada wajah, mulut, lidah, dan tenggorokan

2. Ruam kemerahan pada kulit

3. Bersin dan batuk

4. Mual, muntah, sakit perut, atau diare.

5. Gatal pada kulit yang mengalami ruam;

6. Sesak napas

7. Hidung berair

8. Mata merah, berair, dan gatal

Gejala-gejala tersebut merupakan alergi yang masih masuk dalam intensitas ringan sampai sedang. Sedangkan untuk gejala alergi yang berat, menurut dr. Yun Istatik dapat memicu reaksi anafilaksis yang bisa meningkatkan risiko kematian.

“Pada gejala yang berat ini, penderita harus segera dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan segera,” imbuhnya.

Gejala alergi dengan intensitas berat diantaranya adalah:

1. Sesak napas yang berat

2. Pusing

3. Tekanan darah turun drastis;

4. Mual dan muntah

5. Ruam kemerahan yang luas pada kulit

6. Denyut nadi cepat tapi lemah

7. Pingsan atau tidak sadarkan diri.

Editor
Sualsmi
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker