Badan Siber dan Sandi Negara, Pemkap Bantaeng Bakal Berlakukan Tandatangan Digital 

Abadikini.com, BANTAENG – Pemerintah Kabupaten Bantaeng akan mulai menerapkan tandatangan digital untuk instansi pemerintah. Rencana itu tertuang dalam kerja sama Pemkab Bantaeng dengan Balai Sertifikat Elektronik dan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

Rencana penerapan tandatangan digital ini mulai disosialisasikan di ruang pola kantor Bupati Bantaeng, Selasa, 20 Agustus 2019. Sejumlah perwakilan OPD hadir dalam sosialisasi itu.

Kepala Bidang Persandian, Dinas Kominfo Bantaeng, Irianto mengatakan, sertifikat elektronik adalah sertifikat yang bersifat elektronik yang membuat tandatangan digital dan identitas yang menunjukkan subjek hukum para pihak dalam transaksi elektronik. Dia menyebut rencana penerapan tandatangan digital ini akan mempermudah dan mempercepat proses administrasi perkantoran.

Kepala Bidang Persandian Dinas Kominfo Sulsel, Yulianus Sonda mengatakan, kehadiran BSSN adalah bagian dari mendukung penyelenggaraan pemerintahan. Dia mengatakan, perkembangan zaman menuntut terciptanya percepatan pelayanan kepada masyarakat melalui teknologi.

“Kalau tidak didukung dengan cyber security, maka hasilnya tidak pernah baik,” kata dia.

Seksi Pelayanan Sertifikasi Elektronik, Balai Sertifikasi Elektronik, Agus Mahardika dalam kesempatan itu memaparkan teknologi tandatangan elektronik itu. Dia mengatakan, sejumlah daerah di Indonesia sudah mulai menerapkan teknologi ini.

Dia memperlihatkan seperti apa itu tandatangan elektronik. Sistem keamanan cyber yang telah disiapkan juga memastikan tandatangan itu sama sekali tidak bisa dipalsukan di medium apapun.

“Melalui tandatangan elektronik ini, semua bisa diketahui. Siapa yang tandatangan dan kapan, itu bisa ketahuan. Sama sekali tidak bisa dipalsukan,” jelas dia.

Kepala Diskominfo Kabupaten Bantaeng, Syahrul Bayan mengatakan, rencana untuk menerapkan sistem tandatangan digital ini akan segera ditindak lanjuti. Rencana ini adalah bagian dari program digital melayani dari Pemkab Bantaeng.

Editor
M Saleh

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker