16  Kelompok Pengelolaan Hutan Sulsel Dapat Penghargaan KLHK

Abadikini.com, MAKASSAR – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia memberi penghargaan kepada 16 KPH di Sulsel di Ruang Rapat Pimpinan Kantor Gubernur Sulsel, Senin 19 Agustus 2019.

Penghargaan diserahkan oleh Sekretaris Dirjen Planologi dan Tata Lingkungan KLHK RI Kustanta disaksikan Gubernur Sulsel.

Menurut Kustanta, penghargaan ini sebagai apresiasi terhadap Pemerintah Sulsel khususnya terhadap KPH yang telah menyelesaikan Rencana Pengelolaan Hutan Jangka Panjang (RPHJP) Kehutanan sekaligus.

“Sulsel satu-satunya provinsi di Indonesia. Bukan di antara. Satu-satunya provinsi di Indonesia yang telah menyelesaikan secara tuntas RPHJP,” tegas Kustanta.

Sementara Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah, dalam sambutannya menjelaskan, program Perhutanan Sosial dengan perizinan yang dipercepat akan memberi kemudahan bagi masyarakat mengelola dan menjaga hutan.

Dijelaskan, kalau masyarakat terlibat aktif diyakini bisa melestarikan hutan. “Bencana banjir dan kekeringan menjari indikator bahwa daerah aliran air kita sangat-sangat kritis. Kita harus sinergi dengan melibatkan rakyat untuk menjaga hutan,” jelasnya.

Nurdin Abdullah meminta HPH melingungi hutan yang semakin kritis. Pada kesempatan itu juga dia meminta dinas kehutanan untuk menyeleksi ketat pemberian izin pengolahan hutan.

Gubernur meminta kepada Dinas Kehutanan dan perangkatnya untuk terus memantau pembukaan lahan hutan dengan cara pembabatan liar dan membakar.

“Saya berharap lindungi daerah konservasi tampa mengurangi akses ekononi masyarakat. Kalau usaha masyarakat berpihak kepada konservasi, harus didukung,” jelasnya.

Editor
M Saleh

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker