Demi Pemilu Adil Rusia, Aktivis Oposisi Ini Unjuk Rasa Sendirian

Abadikini.com, JAKARTA – Aktivis oposisi Rusia menggelar aksi unjuk rasa yang tak biasa untuk menyuarakan tuntutan mereka soal penyelenggaraan pemilu secara bebas dan adil. Jika umumnya, unjuk rasa dilakukan dengan mengundang massa agar bisa mendorong tuntutan, tak demikian dengan yang terjad di Rusia.

Para aktivis melakukan aksi unjuk rasa sendirian, secara bergiliran di Moskow, ibu kota Rusia, Sabtu (17/8).

Aksi unjuk rasa yang tak biasa dilakukan para pedemo, karena mereka tak perlu meminta izin kepada polisi agar diperbolehkan berdemonstrasi. Jika unjuk rasa dilakukan banyak orang, harus mengirim surat permohonan kepada polisi. Sehingga, bisa saja aksi itu diadang polisi untuk diselenggarakan.

Di pusat kota Moskow, seperti dilansir Reuters, aksi-aksi unjuk rasa itu setidaknya digelar di beberapa titik yang menjadi ikon kota tersebut.

Para demonstran itu, menuntut agar otoritas tak lagi melarang atau mengadang kandidat oposisi untuk mengikuti proses pemilihan legislatif di tingkat kota pada September mendatang.

Sebelumnya, aksi dengan tuntutan serupa pada beberapa pekan sebelumnya itu membuat para demonstran ditangkapi polisi. Terakhir kali, aksi unjuk rasa iitu diikuti sekitar 2.000 demonstran.

Editor
Irwansyah
Sumber Berita
CNN

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker